Selain Banyak Makan, 4 Hal Ini Ternyata Juga Dapat Bikin Kegemukan

Selain Banyak Makan, 4 Hal Ini Ternyata Juga Dapat Bikin Kegemukan

Sehatmagz – Tak Cuma dari masalah pola makan dan olahraga, kegemukan juga bisa muncul sebagai akibat dari faktor-faktor lain.

Faktor-faktor selain faktor makan yang dapat menyebabkan kegemukan antara lain:

  1. Kurang tidur

Menurut Lisa Neff, MD, dari Center for Lifestyle Medicine, Chicago, apapun penyebabnya kurang tidur dapat menimbulkan peningkatan berat badan. Ini karena kurang tidur mengganggu hormon yang berfungsi dalam pengaturan sinyal lapar dan kenyang, sehingga orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak.

  1. Depresi

Neff menjelaskan, mereka yang depresi rata-rata menjadikan makanan sebagai solusi. Kondisi ini disebut juga sebagai emotional eating. Selain itu, depresi juga dapat mempengaruhi aktivitas fisik. “Depresi yang sampai pada tahan harus minum obat juga berisiko dapat menyebabkan kenaikan berat badan,” tutur Neff

  1. Gangguan nyeri

Neff menjelaskan bahwa orang yang sakit cenderung menjadi kurang aktif, bahkan tidurnya juga kerap terganggu. Pada akhirnya, gangguan tidur menimbulkan kenaikan berat badan. Beberapa obat nyeri, terutama obat yang umumnya diresepkan untuk nyeri saraf, juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Menopause

Kenaikan berat badan terhadap wanita menjelang menopause dianggap cukup wajar, seperti dikutip dari health.detik.com. Menurut Neff, kondisi ini biasanya terjadi karena faktor hormonal dan karena semakin melambatnya metabolisme tubuh. “Perubahan hormon juga bisa menyebabkan gangguan tidur,” ungkap Neff.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.