Sering Cegukan, Ini Cara Mengatasinya

Sering Cegukan, Ini Cara Mengatasinya

Sehatmagz – Bila anda sering tiba-tiba mengalami cegukan ketika menjalani aktivitas harian, tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan terjadinya cegukan? Dan bagaimanakah cara mengatasinya?

Prof dr Zubairi Djoerban, Spesialis penyakit dalam, konsultan hematologi dan onkologi medik mengatakan bahwa cegukan (hiccup) terjadi karena ada spasme diafragma secara tidak sengaja dan pita suara menutup tiba-tiba.

Penyebabnya ada berbagai macam, misalnya, ketika makan terlalu banyak dan cepat tanpa jeda minum. Penyebab lain adalah meminum alkohol, merokok, perubahan temperatur lambung mendadak akibat meminum minuman dingin, air es misalnya, yang dilakukan segera setelah kita minum minuman yang panas. Perubahan emosi mendadak juga dapat menyebabkan cegukan.

Ada beberapa tips untuk menghentikan cegukan dengan segera. Pertama, minum air putih. Diusahakan sambil dalam posisi duduk.

Cara kedua, dongakkan leher sedikit ke belakang, kemudian masukkan sesendok teh gula pasir ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih.

Ketiga, usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es. Dilarang keras menelan es batu ketika cegukan. Bila salah masuk ke jalan napas, dapat menyebabkan kondisi kritis.

Lalu, bila anda cegukan ketika sedang berpuasa, bagaimanakah cara menanganinya?

Untuk menanganinya, anda dapat menggunakan cara keempat, yaitu dengan menahan napas sekitar 10 detik, kemudian kembali bernapas seperti biasa. Cara ini bisa diulangi beberapa kali hingga cegukan berhenti. Bila cara ini tak berhasil, anda dapat mencoba cara kelima.

Letakkan jari ke langit-langit mulut, kemudian pijatlah dengan halus. Cara lainnya adalah, letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut, seperti dikutip dari republika.co.id. Bila cara-cara tersebut tak membuahkan hasil, hendaknya anda langsung pergi ke dokter spesialis THT ataupun ke IGD rumah sakit terdekat.


Categories: Resep Sehat, Tanya Jawab, THT
Tags: cegukan, Tips

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.