Mecegah Kerutan Pada Kulit Wajah

Mecegah Kerutan Pada Kulit Wajah

Siapa yang tidak sebal melihat bertambahnya kerutan di bawah mata atau pada garis senyum? Padahal seiring bertambahnya usia, setiap kita tidak akan luput dari kondisi satu ini.  Semakin bertambah usia, jumlah kolagen yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan kulit semakin berkurang. Belum lagi ditambah dengan paparan sinar matahari yang tinggi, semakin mempercepat munculnya tanda penuaan satu ini.

Faktor  usia dan faktor lingkungan  adalah dua faktor risiko penuaan yang tidak bisa dihindari. Pun begitu, masih ada hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya kerutan, setidaknya agar ia tidak muncul lebih dini,  dan menundanya selama mungkin.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi timbulnya kerutan:

Asupan cairan dan makanan yang kaya antioksidan

Kecukupan gizi dan nutrisi tidak hanya baik untuk berbagai organ penting di dalam tubuh, namun baik pula untuk kulit. Dengan asupan gizi yang tepat, kulit akan terlihat bercahaya dan sehat. Beberapa jenis antioksidan seperti vitamin A, C, E, zinc, ALA, glutation, serta protein dapat membantu memperbaiki lapisan kulit akibat kerusakan yang timbul karena pengaruh faktor lingkungan, polusi maupun usia.

Asupan cairan yang cukup menyebabkan kandungan air yang banyak pada sel juga turut menunjang kekenyalan kulit, kulit akan terasa lebih lembab, dan dengan sendirinya kulit akan membuang toksin dari dalam tubuh melalui keringat.

Olahraga 

Olahraga penting dilakukan untuk memaksimalkan jumlah oksigen dan nutrisi yang disirkulasikan ke kulit kita. Dengan olahraga, jantung akan bekerja lebih keras untuk menjamin peredaran darah yang membawa oksigen dan nutrisi berlangsung lancar.

Tidur Malam yang Cukup

Malam hari merupakan waktu terbaik untuk tubuh, serta tentunya kulit  kita melakukan perbaikan sel dan jaringan yang rusak.

Perawatan Wajah

Perawatan wajah merupakan pilihan terbaik untuk mencegah kerutan. Jika tampak kerutan halus penggunaan bahan aktif seperti AHA (alpha hydroxy acids), retinol A, antioksidan, pelembab, serta sunscreen yang efektif.

Namun, jika kerutan yang ditemukan cukup dalam, dibutuhkan tindakan yang lebih agresif seperti melakukan peeling dan laser photorejuvenation.

Semua tindakan ini dilakukan untuk menstimulasi munculnya kolagen yang membuat kulit tampak lebih kencang, dan memperbaiki lapisan kulit sehingga kulit tampak bercahaya.

Gunakan Sunscreen

UVA dan UVB merupakan salah satu faktor yang dapat merusak kulit, paparan sinar matahari berlebih dapat merusak kolagen dan elastin sehingga akan tampak sel kulit mati.

Sunscreen dapat digunakan pada wajah dan tubuh, perlu dilakukan pengulangan pemakaian  setiap 2-3 jam jika intensitas sinar matahari kuat.

Disusun oleh: dr. Vita U.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.