Mencegah dan Mengatasi Flek Pada Wajah

Mencegah dan Mengatasi Flek Pada Wajah

Timbulnya flek pada wajah merupakan suatu momok bagi wanita, bagaimana tidak munculnya flek dapat menurunkan kepercayaan diri. Lalu apa yang harus kita ketahui tentang flek?

Flek atau freckles merupakan bercak kecoklatan yang timbul pada kulit yang sering terpajan sinar matahari.

Flek muncul akibat peningkatan jumlah pigmen melanin pada kulit sehingga daerah yang muncul flek akan terlihat lebih gelap. Peningkatan jumlah pigmen melanin ini dapat terjadi di lapisan luar kulit atau epidermis, atau dapat muncul dilapisan dalam kulit atau dermis, serta bisa muncul dikeduanya.

Selain faktor usia, penyebab dari timbulnya flek adalah genetik, penyakit sistemik, hormonal, dapat juga disebabkan paparan sinar matahari, bahan kimia, trauma, peradangan dan kosmetik. Dari faktor diatas, paparan terhadap sinar matahari memiliki pengaruh besar pada timbulnya flek.

Bagaimana menghindari dan mengatasi flek? Yang harus kita ketahui bersama bahwa semakin luar flek itu muncul akan semakin mudah untuk menghilangkannya, serta mencegah lebih mudah dari mengatasinya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi flek pada wajah:

  • Penggunaan sunblock dapat mengatasi flek akibat paparan sinar matahari. Sunblock dapat mencegah dan mengendalikan perluasan kelainan pigmen. Sebaiknya gunakan sun protection factor (SPF) lebih dari 15 dan baiknya digunakan 30 menit sebelum terpapar sinar matahari.
  • Penggunaan cream pencerah juga dapat mengatasi flek, namun sebisa mungkin harus diawasi dengan berkonsultasi ke dokter kulit.
  • Peeling dengan bahan kimia dapat mengurangi kelainan kulit terutama pada lapisan epidermis, peeling juga berfungsi untuk mengangkat kulit mati.
  • Penggunaan laser juga dapat menghancurkan lapisan melainan bagian luar dan dalam kulit.
  • Fractional Laser Resurfacing (Fraxel) juga terbukti untuk mengatasi keluhan flek.

Disusun oleh: dr. Vita U.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.