Mencegah dan Mengatasi Jerawat pada Punggung  

Mencegah dan Mengatasi Jerawat pada Punggung  

Jerawat yang membandel terkadang tidak hanya muncul pada wajah, namun juga bisa muncul pada dada dan punggung. Jerawat pada punggung, bisa ditemui pada 60% orang yang mengalami jerawat pada wajah.

Punggung merupakan bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar sebasea yang memproduksi sebum. Sebum diproduksi untuk memberikan nutrisi kepada rambut. Jika bercampur dengan kulit mati dan bakteri, sebum akan membentuk sumbatan pada folikel rambut. Sumbatan inilah  kemudian akan membentuk jerawat.

Tahapan Pembentukan Jerawat Pada Punggung

Whitehead: sering juga disebut dengan komedoputih atau komedo tertutup, merupakan penumpukan sebum yang didalam folikel yang tertutup.

Blackhead: apabila folikel yang tersumbat terletak di permukaan kulit dan terbuka. Warna hitam yang nampak adalah karena sebum  bereaksi dengan udara dan bukan karena terisi debu.

Papul: Papul merupakan gambaran tumpukan komedo yang telah terinfeksi bakteri sehingga menunjukkan tanda peradangan berupa perubahan warna menjadi merah muda (pink) dan terasa nyeri jika dipegang.

Pustul: kita sering menyebutnya jerawat yang sudah matang. Saat ini, nanah yang berwarna kekuningan sudah ikut mengisi jerawat.

Nodul: Jika jerawat membentuk lesi yang besar kedalam kulit, hal itu akan membentuk nodul yang besar dan nyeri.

Mencegah Jerawat pada Punggung

Cara mencegah jerawat adalah dengan:

  1. Menghindari obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat dapat meningkat risiko seseorang mengelami jerawat, yaitu obat yang mengandung androgen  dan lithium (obat penyakit bipolar).

  1. Membatasi penggunaan produk kulit berbahan dasar minyak

Sebaiknya tidak perlu menggunakan pelembab, kosmetik, sunblock, aatau produk lain yang berminyak. Jika terpaksa memakai produk tersebut, carilah yang memiliki label non-komedogenik.

  1. Hilangkan tekanan pada bagian punggung

Jika anda sering menggunakan tas punggung, cobalah untuk tidak menggunakannya dulu saat ini. Pilihlah untuk menggunakan baju dengan bahan yang menyerap keringat. Tekanan yang terlalu lama dan gesekan pada punggung dapat memicu timbulnya jerawat yang dikenal dengan istilah acne mechanica.

Mengatasi Jerawat Punggung

  1. Cobalah obatyang dijual bebas

Terdapat beberapa produk ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang masih bersifat ringan, yaitu obat-obatan yang mengandung benzoyl peroxide, resorcinol, asam salisilat, dan sulfur.

  1. Lakukan perawatan kulit yang baik.

Jika anda memiliki jerawat pada punggung, merawat kulit dengan baik merupakan suatu keharusan. Hal ini meliputi membersihkan kulit dengan sabun yang lembut, mandi setelah berolahraga, dan menjaga rambut tetap bersih, tidak memencet jerawat, dan menghindari paparan sinar matahari.

Jika usaha yang anda lakukan tidak juga dapat mengatasi jerawat, berarti sudah waktunya anda untuk berkonsultasi dengan seorang dokter kulit.

 Sumber: everydayhealth


Categories: Kesehatan Kulit

Comments

comments