Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Berbahayakah?

Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Berbahayakah?

Sehatmagz – Banyak orang yang percaya jeruk nipis mampu menghilangkan jerawat di wajah. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis, diyakini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab jerawat. Amankah cara ini?

“Hati-hati menggunakan bahan-bahan herbal. Saya pernah menangani pasien yang menggunakan lengkuas, malah jadi iritasi kulitnya,” kata dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre, Denpasar.

Secara teoritis, menurut Dokter yang akrab disapa dr Darma ini, jerawat bisa saja disembuhkan dari dalam. Apabila penyebab jerawat masih bisa diatasi dengan mudah, maka cukup dengan pengobatan dari luar saja.

“Tapi kalau dari hormon atau stres yang berlebihan, bisa dengan menggunakan obat yang berfungsi untuk menecilkan kelenjar minyak,” tutur dr Darma.

Penggunaan obat saja tidak bisa sembarangan, apalagi penggunaan bahan-bahan yang belum terbukti keamanannya. Karena itu sebelum mengaplikasikan bahan-bahan apapun untuk mengatasi jerawat, ada baiknya berkonsultasi pada pakar yang kompeten.

Selain menggunakan jeruk nipis, banyak orang yang memilih untuk memencet jerawat agar cepat hilang.padahal, melestarikan kebiasaan memencet jerawat sangat tidak dianjurkan oleh dokter.

Dokter kuit dan bedah kosmetik di New York dan Long Island, dr Cameron Roka, mawanti-wanti memencet jerawat, sebab dapat merusak kulit. Yanglebih parah, memencet jerawat bisa memicu infeksi dan bahkan bekas luka permanen yang sulit diatasi, seperti dikutip dari health.detik.com.

Di dalam jerawat terdapat cairan.jika jerawat dipencet, cairan ini bisa lebih dalam masuk ke folikel rambut. Inilah yang bisa mengakibatkan infeksi. “Memencet tidak akan menjadikan jerawat jadi kurang terlihat, tapi malah memicu iritasi,” tegas dr Rokhsar.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.