Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit, Ternyata Cuci Muka Cukup Satu Kali Saja

Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit, Ternyata Cuci Muka Cukup Satu Kali Saja

Perawatan kulit  memiliki kekhasan tersendiri, tergantung jenis kulit yang dimiliki. Seperti yang dikutip dari situs everydayhealth,  ternyata mencuci muka dengan sabun hanya perlu dilakukan satu kali saja bagi seseorang yang memiliki kulit kering. Lalu bagaimana untuk yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi? Dr. Linda Franks seorang dokter kulit dan asisten professor dari New York University akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai karakteristik dan kunci perawatan bagi masing-masing jenis kulit.

Kulit kering

  • Mencuci muka: gunakanlah pembersih muka yang lembut dan kaya kandungan pelembab. Dr. Frank menyebutkan, untuk kulit kering, sebaiknya anda cukup mencuci muka dengan sabun sebanyak satu hari sekali, yaitu di malam hari. Untuk pagi hari, disarankan untuk  membersihkan muka tanpa menggunakan sabun.
  • Penggunaan Retinol: Retinol merupakan vitamin A dosis tinggi. Penggunaan retinol ditujukan sebagai agen antipenuaan dan mencegah timbulnya kerutan. Perlu diperhatikan bahwa retinol tidak diperboleh digunakan oleh  ibu hamil karena dapat menimbulkan kecacatan pada janin.
  • Penggunaan Hyaluronic Acid: Molekul Hyluronic Acid memiliki sifat higroskopis, atau mampu menyerap dan menahan air yang ada pada kulit. Produk ini baik digunakan sebelum menggunakan moisturizer.
  • Pelembab: Pelembab digunakan untuk melindungi stratum corneum atau lapisan terluar dari kulit. Pada kulit kering, lapisan ini lebih mudah rusak. Dr. Franks menyarankan untuk menggunakan pelembab yang mengandung fosfolipid, kolesterol dan asam lemak esensial. Untuk penggunaan siang hari, sebaiknya menggunakan pelembab yang mengandung SPF 30. Sementara untuk malam hari, anda sebaiknya menggunakan pelembab yang lebih tebal atau memiliki struktur lebih creamy.

Kulit Berminyak

  • Mencuci muka: Seseorang dengan kulit berminyak umumnya memiliki kulit yang rawan berjerawat sehingga harus dibersihkan dengan lebih berhati-hati. Cucilah muka minimal dua kali sehari, pada pagi dan malam. Agar yakin bahwa minyak dan kotoran terangkat sempurna, jangan lupa untuk memijat wajah secara perlahan selama 30 detik dengan ujung-ujung jari sebelum dibilas.
  • Penggunaan Asam Salisilat: Gunakanlah produk kecantikan dengan kandungan asam salisilat sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Asam salisilat merupakan agen keratolitik (exfoliant) yang akan membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu asam salisilat juga memiliki fungsi anti-irritan  dan antibakteri. Ketiga fungsi tersebut diperlukan untuk mencegah timbulnya jerawat.
  • Penggunaan Retinol: Bagi kulit berminyak, retinol merupakan zat yang memiliki efek untuk mengurangi produksi minyak  dan membantu menghilangkan tampilan pori-pori yang besar. Retinol juga merupakan zat yang telah diketahui bermanfaat sebagai agen antipenuaan. DIbandingkan dengan orang berkulit kering, seseorang dengan kulit berminyak lebih sedikit yang sensitif terhadap kandungan retinol.
  • Pelembab: Kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembab lo! Sebaiknya gunakanlah pelembab yang oil-free dan mengandung tabir surya dengan SPF 30. Kelembaban yang terjaga dan perlindungan dari sinar matahari akan membantu kulit tetap terlihat muda.

 

Kulit kombinasi

Pada prinsipnya, perawatan kulit kombinasi adalah perawatan kulit kering dan berminyak yang dijadikan satu. Untuk daerah T, dapat menggunakan prinsip perawatan kulit berminyak dan sisanya dapat dilakukan dengan prinsip  perawatan kulit kering.

  • Mencuci muka: Dr. Frank menyarankan penggunaan sabun cuci muka yang lembut. Mencuci muka sehari sekali dimalam hari sudah mencukupi, terkecuali jika kulit berada pada kondisi yang sangat berminyak.
  • Penggunaan Asam Salisilat: Gunakanlah asam salisilat hanya didaerah yang berminyak. Penggunaan zat ini dapat dilakukan berselang sehari.
  • Pelembab: Gunakanlah pelembab yang bebas minyak dengan kandungan SPF 30. Untuk daerah yang kering, anda boleh menggunakan pelembab yang lebih tebal.

Categories: Kesehatan Kulit

Comments

comments