Rambut Sehat Bebas Ketombe

Rambut Sehat Bebas Ketombe

Rambut adalah  mahkota, yang ikut menjadi pusat perhatian selain wajah. Memiliki rambut yang sehat dan indah merupakan idaman setiap orang, terutama para wanita. Rambut yang sehat tentunya harus ditunjang pula oleh fungsi kulit kepala yang sehat.

Permasalahan rambut yang sering muncul salah satunya adalah ketombe. Normalnya pergantian kulit termasuk kulit kepala akan menimbulkan sisikan halus pada rambut yang disebut ketombe. Hal ini wajar jika jumlahnya sedikit, namun pada beberapa kondisi sisik-sisik rambut dapat meningkat dan mengalami peradangan sehingga jumlah tumpukan kulit mati semakin banyak. Berat ringannya kondisi peradangan dilihat dari seberapa banyak kerontokan rambut. Dan jika dibiarkan dapat menyebabkan proses regenerasi kulit terhambat dan membuat folikel rambut rusak secara permanen. Akibatnya, rambut rontok tanpa diikuti oleh regenerasi dan menyebabkan kebotakan.

Pemicu terjadinya ketombe dapat dikarenakan dari akumulasi minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea yang bisa terjadi karena kurangnya frekuensi mencuci rambut sehingga menyebabkan ketombe. Namun ternyata pada kulit kepala yang kering juga dapat menyebabkan ketombe, karena suhu yang terlalu dingin, atau kelembaban yang rendah dan pada seseorang dengan bakat atopi.

Infeksi jamur karena Malassezia furfur, Tinea capitis dan infeksi dikarenakan kutu rambut (Pediculosis capitis) dapat menimbulkan ketombe. Penyebab lain sebagai pemicu dari munculnya ketombe dapat dikarenakan perubahan hormonal.

Ketombe dapat diatasi dengan membersihkan rambut secara rutin setiap hari, dengan mnggunakan shampo jenis antiketombe. Shampo jenis ini memili bahan aktif asam salisilat, zinc, tea tree oil, ketokonazol serta selenium sulfide yang memiliki kandungan untuk membuang tumpukan kulit mati, megontrol produksi minyak dan mematikan jamur sebagai penyebab dari ketombe.

 

 


Categories: Kesehatan Kulit

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.