Rambutku Rontok Lagi… Rontok Lagi…

hair loss

Rambut rontok adalah masalah rambut yang sering terjadi.  Apakah hal ini juga terjadi pada Anda? Rambut rontok hingga helainya berjatuhan dimana-mana?

Kerontokan rambut masih dianggap normal jika ditemukan <120 helai rambut rontok per hari. Sejumlah rambut yang ditemukan pada sisir bukan merupakan tanda bahaya dari kerontokan rambut. Di lain pihak kerontokan dapat menimbulkan kekhawatiran, bahkan mengganggu kehidupan, terutama yang sudah menimbulkan kebotakan.

Rambut memiliki siklus pertumbuhan, gangguan pada siklus ini menyebabkan kerontokan rambut yang ditemukan pada pasien kemoterapi, ibu menyusui, bayi yang baru lahir , pasien demam, dan stress. Kerontokan rambut setelah melahirkan biasanya terjadi 2-5 bulan setelah melahirkan. Kerontokan akan berlangsung selama 2-6 bulan dan setelah itu rambut akan tumbuh normal kembali. Kerontokan rambut setelah kelahiran biasanya dialami bayi sejak lahir sampai usia 4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali pada usia 6 bulan. Kerontokan rambut setelah demam akut (contoh radang paru-paru atau demam tifoid) dapat terjadi 2-3 bulan setelah sakit. Kerontokan rambut psikis dapat terjadi setelah adanya stres psikis, dapat menetap lama dan sering berulang.

Penyakit kronik seperti leukemia, limfoma maligna, tuberkulosis, dan gangguan nutrisi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Gangguan nutrisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut antara lain adalah kekurangan zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

Kasus lain yang sering ditemukan adalah kerontokan yang terjadi akibat kelebihan hormon androgen, gangguan ini disebut dengan alopesia androgenika.  Kondisi ini merupakan penyebab utama masalah kebotakan pada usia muda. Rambut mulai rontok pada usia 20 akhir atau 30 awal. Kondisi ini dapat terjadi pada pria dan wanita.  Pada wanita daerah yang rontok lebih banyak pada daerah puncak belakang kepala, sementara  pada pria bagian tersering juga bagian puncak belakang kepada  dan dahi.

Nah dari paparan diatas kira kira apa penyebab kerontokan yang anda alami? Jika disebabkan oleh ganguan siklus pertumbuhan rambut, baik karena setelah melahirkan dan setelah demam, sebaiknya kita bersabar, karena pertumbuhan rambut akan kembali normal. Namun jika disebabkan oleh sebab lain, konsultasikanlah ke dokter Anda untuk mendapat penanganan yang sesuai.


Categories: Kesehatan Kulit

Comments

comments