10 Tips Makan Sehat  ala Harvard

10 Tips Makan Sehat  ala Harvard

Saat ini kita banyak mendengar tips makan sehat yang kadang menimbulkan pro dan kontra. Misalnya saja soal anjuran makan makanan mentah (raw food), diet alkaline, hingga diet golongan darah.  Perang informasi ini akhirnya hanya memenuhi kepala dan kita tetap saja sulit untuk menarik kesimpulan.

Salah satu cara  mudah untuk mengetahui bagaimana anjuran makan yang baik dan terbukti secara ilmiah adalah dengan menanyakan kepada ahlinya serta merujuk pada sumber yang terpercaya.

Berikut ini  adalah 10 tips makanan sehat yang disusun oleh Emily H. Phares, seorang master gizi lulusan Harvard yang juga seorang penulis rubrik kesehatan di website resmi Harvard School of Public Health. Apa saja tipsnya?

  1. Pilihlah karbohidrat yang baik, bukan langsung memilih “no carbo”. Beras yang masih memiliki kulit ari atau beras merah adalah pilihan yang baik.
  2. Perhatikan sumber protein anda. Ikan, unggas, kacang-kacangan adalah pilihan sumber protein terbaik.
  3. Pilih makanan yang mengandung lemak yang sehat. Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh, dan hindari makanan yang mengandung lemak trans. Minyak sayur, kacang-kacangan, dan ikan adalah sumber lemak yang sehat.
  4. Pilihlah makanan yang kaya akan serat, yang bisa ditemukan pada biji-bijian, sayur-sayuran dan buah.
  5. Makan lebih banyak sayur dan buah. Pilihlah buah dan sayur yang beragam dan memiliki warna yang terang (hijau tua, kuning, orange atau merah).
  6. Kalsium merupakan mineral yang penting. Namun perlu diingat bahwa susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium.

Baca juga: Apa saja sumber kalsium selain susu sapi? 

  1. Air putih adalah sumber terbaik untuk memuaskan dahaga. Lupakan minuman yang mengandung gula yang tinggi, dan konsumsi susu dan jus dalam jumlah secukupnya saja.
  2. Mengkonsumsi makanan yang rendah garam akan bermanfaat untuk kesehatan setiap orang. Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan memilih makanan segar dan menghindari makanan olahan seperti sosis, nugget, atau kripik.
  3. Minum alkohol dalam jumlah sedang mungkin bermanfaat bagi kesehatan. Namun hal ini tidak untuk semua orang. Anda harus memperhatikan manfaat dibanding ruginya mengkonsumsi alkohol. Kerugian yang ditimbulkan bisa disebabkan oleh efek toksitasnya kepada otak dan hati, maupun kerugian sosial yang bisa ditimbulkan.

Baca juga: Hati-hati kebutaan mendadak akibat mengkonsumsi minuman oplosan!

  1. Mengkonsumsi multivitamin harian akan bermanfaat untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral. Emily juga menyarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak vitamin D untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Hal Penting Seputar Vitamin D yang Harus Anda Ketahui.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.