4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat

4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat

Sehatmagz – Sebuah keyakinan yang ada di benak masyarakat bahwa kunci gaya hidup sehat adalah sebuah latihan fisik keras yang terdiri dari berbagai olah raga dan latihan. Meskipun hal tersebut membawa manfaat, namun sebenarnya ada beberapa cara lain yang lebih mudah untuk memperoleh gaya hidup sehat. Beberapa cara itu antara lain:

  1. Berjalan

4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat

Berjalan adalah kegiatan fisik yang murah dan mudah untuk dilakukan sehari-hari. Kegitan ini dapat dilakukan oleh orang dari segala usia, baik tua maupun muda, dan tentunya merupakan cara mudah untuk membakar kalori dalam tubuh. Rutin melakukan olah raga jalan kaki, dapat berfungsi untuk menurunkan berat  badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, asma, stroke dan berbagai jenis kanker.

Untuk melakukan olah raga jalan, anda hanya membutuhkan sepasang sepatu olah raga yang nyaman di kaki anda, dan juga pakaian longgar yang nyaman untuk dipakai. Untuk memperoleh manfaat maksimal, anda dapat meningkatkan kecepatan jalan anda. Agar anda tak merasa lelah berjalan, anda dapat mengajak seseorang berjalan bersama anda sambil mengobrol.

Secara bertahap, anda dapat meningkatkan stamina anda dengan memulainya dengan 1.000 langkah sehari dan menambahnya selang beberapa waktu.

 

  1. Berlatih Tai Chi

4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat taichi

Tai Chi yang sudah ada sejak seribu tahun yang lalu ini berasal dari Cina. Mulanya, olah raga ini dikenal sebagai aliran bela diri, namun kini lebih banyak dikenal sebagai senam gerak untuk pengembangan fisik, mental dan spiritual.

Tidak seperti pilates yang berfokus pada gerakan stasioner dan berulang-ulang, Tai Chi merupakan senam gerak yang dinamis, di mana pergeseran antara titik keseimbangan dan titik pusat gravitasi dikendalikan dengan hati-hati. Hasilnya adalah sebuah aliran gerak yang anggun dari sejumlah posisi gerakan yang berbeda.

Mengingat sifatnya yang dinamis, Tai Chi pun membawa berbagai manfaat seperti meningkatkan kebugaran, kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, mengurangi stres, serta mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

 

  1. Berlatih Yoga
yoga 4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat

yoga 4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat

Olah gerak yang berasal dari India ini sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Gerak Yoga melibatkan kombinasi dari latihan pernapasan dan sikap postur statis yang dapat meningkatkan kebugaran. Seperti halnya pilates, hubungan antara latihan fisik dan mental sangat ditekankan dalam Yoga, seperti dilansir dari patient.info. Adapun terkait aspek spiritual, ada yang menggunakannya ada juga yang tidak.

 Banyak penelitian dari berbagai negara yang menyebutkan tentang manfaat Yoga, yang antara lain, membantu membentuk dan meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi stres. Selain itu, Yoga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan juga membantu penyembuhan radang sendi dan lain-lain.

Yoga dapat dipraktikkan pada intensitas dan tingkat yang berbeda, yang berarti sangat cocok untuk berbagai macam orang dari berbagai umur dan kemampuan.

 

  1. Berlatih Pilates

4 Cara Membakar Kalori Tanpa Berkeringat Pilates.

Olah raga yang satu ini, pertama kali diperkenalkan oleh Josep Pilates yang merupakan ahli fisika. Ia berkeyakinan bahwa kesehatan mental dan fisik sangatlah berkaitan erat. Kedua hal tersebut menurutnya, dapat dilatih secara bersamaan dengan gerak pilates yang ia rancang.

Gerak Pilates yang ia rancang ini, mampu meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki postur tubuh, dan juga meningkatkan fleksibilitas yang dapat memungkinkan seseorang untuk bergerak dengan mudah.

Sistem ini mulanya diadopsi oleh penari di Amerika Serikat untuk membantu ketika pulih dari cedera, tetapi kini sistem gerak Pilates telah dipraktikkan di banyak negara dunia.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.