4 Makanan Yang Sangat Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

4 Makanan Yang Sangat Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

Sehatmagz – Masa balita merupakan waktu emas bagi seorang anak. Bagai sponge yang mudah menyerap air, otaknya saat usia ini sangat mudah sekali menyerap informasi apapun kedalam ingatannya. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan simulasi bagi perkembang otaknya.

(baca juga: Apa Beda Otak Kanan dan Kiri?)

Selain simulasi seperti permainan mewarnai dan membaca, asupan makanan pun sangat penting untuk diperhatikan. Makanan yang baik bagi anak tentulah yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan seperti pada sayuran dan buah-buahan. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh otak anak. Berikut adalah beberapa makanan yang sangat baik diasumsi oleh anak.

Susu

Semua produk susu dan turunannya baik untuk otak anak. Hal ini dikarenakan vitamin B dan protein yang dikandungnya sangat baik untuk perkembangan otak anak. Selain itu, kandugan kalsiumnya sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

Gandum utuh

Oats, sereal, quinoa, buckwehat, dan granary breads mengandung karbohidrat yang berguna sebagai bahan bakarnya otak. Vitamin B yang dikandungnya pun baik untuk menjaga sistem syaraf agar tetap sehat. Gandum untuk juga terbukti dapat memperpanjang memori jangka pendek dan pemusatan perhatian.

Minyak ikan

Omega-3 dalam minyak ikan sangat penting bagi otak anak. Menurut sejumlah studi, kemampuan membaca yang buruk dapat dikaitkan dengan rendahnya kadar omega-3 atau asupan omega-3 dalam tubuh seseorang, karena asam lemak ini meningkatkan fungsi daya ingat.

Telur

Makanan yang banyak mengandung protein ini jelas baik untuk perkembangan otak anak. Kandungan kolin dalam telur juga sangat berkontribusi besar dalam mengoptimalkan perkembangan otak, sebab peranannya dalam membentuk sel-sel memori di dalam otak. Kolin terbesar ada dalam kuning telurnya. Selain itu, telur juga kaya akan protein, zat besi, folat dan vitamin A yang kesemuanya penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan sel tubuh.

Baca juga:

Perkuat Memori Otak Anda dengan Rutin Latihan Fisik

Ternyata Puasa Bermanfaat Membentuk Struktur Otak Baru

Ternyata Latihan Yoga Dapat Mempertajam Memori Otak

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.