6 Cara Sederhana Menghilangkan Suara Mengorok  

6 Cara Sederhana Menghilangkan Suara Mengorok  

Kebiasaan mengorok atau mendengkur memang menyebalkan, baik bagi “pelantunnya” maupun pendengarnya. Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas tentang bahaya kebiasaan mendengkur bagi kesehatan Anda. Anda yang saat ini masih memiliki kebiasaan mendengkur tentu ingin tahu cara menghilangkannya bukan? Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk agar nyaringnya dengkuran Anda tidak lagi terdengar.

(Baca juga: Tidur Mendengkur Berbahaya Untuk Kesehatan?)

  1. Turunkan berat badan

Berat badan memegang peranan penting terhadap kebiasaan mendengkur. Sebagian besar orang memiliki kebiasaan mendengkur akibat kelebihan berat badan, di mana berat badan berlebih ini juga menyebabkan pembesaran pada leher. Berdasarkan temuan dari National Institute of Health, kelebihan lemak yang tertumpuk pada leher menyebabkan penyempitan pada jalan napas sehingga terdengarlah suara dengkuran saat tidur.

  1. Hindari alkohol

Zat alkohol dapat menurunkan aktivitas otot yang berfungsi mempertahankan terbukanya jalan napas, terutama bila dikonsumsi sebelum tidur. Alkohol yang dikonsumsi dalam waktu 4 jam sebelum tidur akan meningkatkan kejadian mendengkur dan intensitas suara dengkuran.

  1. Hati-hati pemakaian obat tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat tidur, penenang dan pelemas otot dapat membuat Anda mendengkur, sebab obat-obatan ini menghambat kontraksi otot-otot yang bertugas menjaga jalan napas tetap terbuka.

  1. Tidur cukup

Kurang tidur memberikan pengaruh buruk kepada tubuh Anda, termasuk otot-otot pada jalan napas. Semakin sedikit waktu tidur Anda, semakin mungkin Anda mendengkur saat tidur.

  1. Tidur berbaring miring ke salah satu sisi

Posisi tidur berbaring terlentang akan membuat lidah dan jaringan penyangga jalan napas jatuh ke belakang akibat gaya gravitasi. Anda sebaiknya tidur berbaring miring ke salah satu sisi untuk mengurangi kejadian mendengkur.

  1. Tinggikan tempat tidur Anda

Anda dapat menggunakan tumpukan beberapa bantal atau tempat tidur yang dapat diatur sudut kemiringannya untuk memperbaiki keluhan mendengkur Anda.

Bila keenam cara sederhana di atas belum dapat membantu mengurangi kebiasaan mendengkur Anda, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.


Categories: Gaya Hidup Sehat

Comments

comments