7 Makanan Yang Menyebabkan Perut Kembung

7 Makanan Yang Menyebabkan Perut Kembung

Kembung merupakan sensasi perut terasa penuh oleh gas. Perut kembung seringkali bukan merupakan masalah yang besar, namun dapat mengganggu kenyamanan. Jika perut sudah merasa tidak enak misalnya karena maag anda kambuh atau sedang hamil, sebaiknya kita menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan perut terasa kembung.

Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dihindari agar kembung tidak semakin menjadi-jadi:

1) Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung raffinose yang dapat menyebabkan pembentukan gas dalam lambung. Kacang-kacangan merupakan sumber lemak nabati yang baik untuk tubuh, jika kita ingin mengkonsumsinya tanpa merasa kembung, sebaiknya mulai lah dari  porsi kecil,  baru perlahan di tambahkan perlahan.

2) Asparagus, brokoli, kol, dan kale

Sayuran ini juga mengandung raffinose yang dapat menyebabkan pembentukan gas dan sensasi kembung. Memasak dengan cara merebus dapat mengurangi efek kembung dari sayuran ini.

3) Soft drink dan minuman bersoda lainnya

Mengkonsumsi minuman bersoda pada hakikatnya sama dengan menelan udara. Kondisi yang sama ditemukan pula pada saat kita mengunyah permen karet, makan dan minum terlalu cepat, atau saat mengisap lolipop.

4) Makanan berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak  dapat menyebabkan kembung karena makanan ini akan memperlambat pengosongan makanan ke usus halus. Makanlah makanan dalam porsi wajar untuk menghindari keluhan ini.

5) Makanan dengan kandungan sorbitol, manitol dan xylitol

Sorbitol, manitol dan xylitol sering ditemukan pada produk permen bebas gula. Kandungan sorbitol, manitol, dan xylitol sering kali tidak dicerna dengan baik dan justru di fermentasi oleh bakteri di dalam usus. Gas hasil fermentasi inilah yang akan menimbukan perasaan kembung pada perut.

6) Produk susu seperti susu segar, krim, dan es krim

Susu dan produk susu dapat menyebabkan kembung pada individu dengan masalah intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa sering ditemukan pada orang asli Amerika, orang keturunan Afro-Amerika, Asia, dan orang Latin.

7) Bawang Merah

Bawang merah mengandung fruktan seperti  inulin  dan fruktooligosakarida. Fruktan kadang sulit dicerna dan fermentasinya pada usus besar dapat menimbulkan produksi gas berlebihan, kembung dan bahkan Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang ditandai dengan diare berulang.


Comments

comments