Agar Sehat, Orang Gemuk Cukup Turunkan 5 Persen Berat Badannya

Agar Sehat, Orang Gemuk Cukup Turunkan 5 Persen Berat Badannya

Sehatmagz – Bagi orang yang mengalami kegemukan, menurunkan berat badan mungkin terasa berat. Padahal, dengan berat badan yang ideal, seseorang akan terhindar dari penyakit kronis.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ternyata orang gemuk hanya perlu menurunkan sekitar 5 persen dari bobot tubuhnya.

“Jika berat badan anda 90 kilogram, tentu tak akan terlalu berat untuk menurunkan sekitar 4,5 kilogram dan terus dipertahankan,” kata Tracy Parker, ahli gizi jantung dari Yayasan jantung Inggris.

Ia mengatakan, orang dengan bobot 90 kilogram tidak perlu menurunkan sampai 23 kilogram agar sehat. Sedikit tetapi bertahap dan dijaga akan lebih berpengaruh.

Para peneliti mengamati perbedaan manfaat pada orang obesitas yang menurunkan berat badannya 5, 10, dan 15 persen dari bobot semula.

Seperti dilansir dari health.kompas.com, ternyata, orang yang berhasil memangkas paling kecil, yakni 5 persen, memiliki hasil signifikan dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dalam penelitian itu, orang yang menurunkan sekitar 5 persen berat badannya menunjukkan perbaikan tekanan darah, kadar trigliserida dalam darah, lebih sedikit lemak di livernya, dan gula darah lebih rendah.

Sementara itu, pada kelompok yang turun 10-15 persen mendapatkan perbaikan lebih pada jaringan otot, tapi tidak pada fungsi liver dan lemak.

Oleh karenanya, untuk orang obesitas penurunan berat badan yang disarankan adalah sekitar 5-10 persen.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.