Beginilah Cara Vaksin Asli Dibuat

Beginilah Cara Vaksin Asli Dibuat

Sehatmagz – Anda tentu sudah tahu bahwa vaksin dapat melindungi anak-anak dari penyakit parah dan mengancam jiwa, tetapi mungkin anda belum tahu bagaimana vaksin asli dibuat untuk memberikan pertahanan pada tubuh anak anda.

Vaksin dibuat dari virus atau bakteri penyebab penyakit, tetapi dalam jumlah yang tidak akan membahayakan tubuh anak.

Sebaliknya, itu akan melemahkan, membunuh, dan parsial virus atau bakteri yang dimasukkan akan mendorong sistem kekebalan tbuh anak untuk mengembangkan antibodi atau pertahanan yang melawan penyakit.

Setelah itu, barulah ditentukan bagaimna virus dan bakteri akan diubah, seperti dikutip dari health.kompas.com. Pembuatan vaksin melalaui  tiga langkah proses pembuatan.

  1. Antigen yang dihasilkan. Virus dibiakkan di sel primer (seperti telur ayam untuk vakisn influenza) atau pada garis sel yang berlanjut (seperti sel kultur manusia untuk vaksin hepatitis B). sedangkan bakteri tumbuh di bioreaktor (seperti vaksin Hib).
  2. Antigen diisolasi dari sel-sel yang digunakan untuk membuat vaksin.
  3. Vaksin dibuat dengan menambahkan adjuvant, stabilisator, dan pengawet. Adjuvant menigkatkan respon imun abtigen, sementara stabilisator meningkatkan daya hidup penyimpanan vaksin, sedangkan pengawet memungkinkan untuk penggunaan botol multi-dosis.

Keamanan vaksin adalah aspek terpenting dalam pembuatan vaksin. Sebelum proses pembuatan, penelitian vaksin dilakukan secara bertahap melalui studi yang terperinci dan sistematik.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan vaksin yang benar-benar aman dan bermanfaat. Menurut buku Panduan Imunisasi Anak yang ditulis oleh Satgas Imunisasi PP IDAI, dibutuhkan waktu sekitar 15-20 tahun untuk membuat vaksin, terhitung sejak vaksin ditemukan di laboratorium hingga aman disuntikkan pada anak-anak.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.