Benarkah Mengganti Gula dengan Madu Dapat Memangkas Kalori?

Benarkah Mengganti Gula dengan Madu Dapat Memangkas Kalori?

Sehatmagz – Kadang dalam kehidupan sehari-hari kita banyak mengonsumsi gula tambahan, yaitu gula yang terkandung dalam makanan kita seperti biskuit, kue dan minuman ringan. Hal tersebut bila dikonsumsi berlebihan tentunya tidak baik bagi tubuh.

Lantas bagaimana bila takaran gula tersebut diganti dengan madu? Di satu sisi orang-orang sering menyebutkan bahwa madu itu menyehatkan, namun di sisi lain ada yang bilang bahwa kandungan kalori dalam madu sama saja dengan yang ada pada gula.

Menjawab pertanyaan tersebut Dr. Sarah Javis, seperti dilansir dari patient.info mengatakan bahwa tidak ada bukti nyata bahwa madu memiliki kualitas yang lebih baik dari gula tambahan, yaitu gula yang biasa ditambahkan pada makanan dan minuman. Menurutnya, gula yang terkandung pada makanan dan minuman, dan juga manisnya madu adalah sama saja.

Pusat Kesehatan Masyarakat Inggris menganjurkan agar kita mengonsumsi 6% dari asupan kalori kita dari gula tambahan. Adapun mayoritas kita mengonsumsi 12% gula tambahan. Gula tambahan tersebut memberikan energi secara cepat dengan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dengan tingkat penurunan yang juga sangat cepat.

Adapun kebalikannya, makanan yang lambat diserap adalah seperti gandum, juga seluruh buah dan sayuran. Makanan tersebut merupakan sumber energi yang menyediakan energi yang lebih berkelanjutan, serta menyediakan mikronutrien, serat, vitamin dal lain-lain. Sedangkan gula tambahan dan juga madu tidak mempunyai hal-hal tersebut.

Maka hendaknya kita tetap mengonsumsi gula ataupun madu namun dengan porsi secukupnya dan tidak berlebihan.


Categories: Diet, Gaya Hidup Sehat, Gizi

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.