Berbahayakah Kebiasaan Duduk Bersilang?

Berbahayakah Kebiasaan Duduk Bersilang?

Apakah anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan untuk duduk bersilang?

Duduk bersilang satu kaki memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Banyak yang menyebutkan bahwa kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan. Tekanan yang sama di satu titik dikhawatirkan akan  memberikkan konsekuensi kesehatan berupa gangguan saraf,  peningkatan kenaikan tekanan darah dan varises. Namun benarkah semua dugaan ini? Mari kita bahas satu per satu!

Gangguan Persarafan

Bertahan dalam satu posisi selama berjam-jam akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan persarafan  yang disebut peroneal nerve palsy . Kondisi ini sering disebut juga “foot drop” dimana seseorang tidak bisa mengangkat bagian depan dari jari kaki karena kelumpuhan sementara saraf peroneus. Para peneliti di Korea Selatan memeriksa apa saja yang menjadi faktor risiko dari peroneal palsy dan mereka tidak menemukan alasan duduk menyilangkan kaki sebagai salah satu penyebabnya. Namun mereka mengidentifikasi bahwa duduk menyilangkan kaki di lantai selama berjam-jam dapat menyebabkan hal ini. Sebenarnya hal ini sangat jarang terjadi karena seseorang cenderung akan menggerakkan kakinya begitu kaki terasa tidak nyaman.

Kenaikan Tekanan Darah

Di tahun 2010, telah terkumpul 7 penelitian yang menunjukkan bahwa duduk menyilang menghasilkan nilai pengukuran tekanan darah yang lebih tinggi. Salah satu penelitian yang cukup besar dan dilakukan di Istanbul menemukan bahwa memang betul tekanan darah menjadi lebih tinggi pada saat seseorang duduk dengan kaki yang disilangkan, namun dalam waktu hanya 3 menit, tekanan darah akan kembali ke nilai semula. Peningkatan tekanan darah karena menyilangkan kaki ini banyak terjadi pada orang yang sebelumnya memang dirawat karena tekanan darah tinggi.

Ada dua mekanisme yang menjelaskan mengapa menyilangkan kaki dapat menaikkan tekanan darah sementara. Salah satunya adalah tekanan salah satu kaki akan menyebabkan aliran darah ke arah jantung dari  bagian tubuh bawah menjadi lebih banyak, menyebabkan jumlah darah yang di pompa oleh jantung menjadi lebih banyak dan akhirnya meningkatkan tekanan darah. Penjelasan lainnya adalah  karena peningkatan resistensi darah yang mengalir  melalui pembuluh darah akibat gerakan isometrik dari otot-otot kaki.

Menyilangkan kaki memang akan menimbulkan kenaikan tekanan darah sementara, namun tidak ada konsekuensi jangka panjang yang bisa dibuktikan hingga saat ini. Terkecuali untuk satu kondisi, yaitu pada orang yang memiliki risiko tinggi penggumpalan darah. Mereka tidak direkomendasikan untuk menyilangkan kakinya karena hambatan aliran akan meningkatkan risiko terbentuknya sumbatan dan kondisi yang disebut sebagai deep vein thrombosis.

Varises

Lalu bagaimana dengan varises? Bisakah menyilangkan kaki menyebabkan varises? Varises terjadi pada saat katup vena mengalami kelemahan sehingga menyebabkan darah kembali lagi dan terkumpul pada vena. Terkumpulnya darah pada bagian katup vena yang lemah ini  menyebabkan vena melebar dan terlihat berkelok-kelok. Hingga saat ini menyilangkan kaki diketahui tidak memberikan efek signifikan dalam menyebabkan varises. Faktor genetik,  yaitu faktor bawaan yang menyebabkan kelemahan katup  merupakan faktor risiko terbesar yang menyebabkan varises terjadi.

Dari penjelasan diatas, kita mengetahui bahwa ternyata duduk menyilangkan kaki tidak memberikan efek yang berbahaya dan signifikan pada kesehatan.  Nah, sekarang anda sudah bisa duduk tenang dan tidak perlu terlalu memikirkan hal ini lagi.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.