Berjalan-jalan 10 Menit Bisa Mengembalikan Gangguan Pembuluh Darah Akibat Duduk Terlalu Lama

Berjalan-jalan 10 Menit Bisa Mengembalikan Gangguan Pembuluh Darah Akibat Duduk Terlalu Lama

Dewasa ini, kebanyakan para pekerja menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam diatas kursi. Gaya hidup sedenter ini diketahui menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Baik itu peningkatan risiko penyakit jantung maupun masalah langsung pada pembuluh darah yang terjepit.

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Missouri menemukan bahwa apabila seseorang duduk dalam waktu 6 jam sehari, maka fungsi pembuluh darah akan mengalami masalah. Namun, dengan berjalan-jalan selama 10 menit setelah duduk lama ternyata bisa mengembalikan kondisi kesehatan pembuluh darah yang sebelumnya terganggu.

Para peneliti mencoba menilai jumlah aliran darah pada 11 orang  sehat. Ternyata setelah duduk selama 6 jam, aliran darah ke pembuluh darah poplitea (arteri pada kaki bagian bawah) berkurang banyak. Para peneliti kemudian meminta peserta penelitian untuk berjalan-jalan. Setelah dilakukan pengamatan, diketahui bahwa fungsi pembuluh darah dan kelancaran aliran darah kembali seperti semula jika setidaknya mereka berjalan-jalan selama 10 menit.

Apabila kita mengalami penurunan aliran darah, gesekan antara darah yang mengalir dengan dinding arteri yang dilalui (shear stress) juga berkurang. Padahal gesekan “shear stress” ini diperlukan untuk kesehatan arteri. Shear stress yang berkurang akan menghambat kemampuan pembuluh darah arteri untuk berdilatasi. Kemampuan dilatasi arteri adalah pertanda dari sehat tidaknya arteri. Semakin arteri responsif pada stimulus dan mampu berdilatasi, maka semakin sehat pembuluh darah tersebut.  Demikian Jaume Padilla, Ph.D., penulis penelitian ini menjelaskan.

Ia juga menekankan pentingnya para pekerja mengetahui bahaya duduk terlalu lama. Serta pentingnya mengambil jeda beberapa waktu untuk berjalan guna melancarkan aliran darah. Nah, kira-kira, sudahkah anda mengambil rehat untuk berjalan-jalan hari ini?


Categories: Gaya Hidup Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.