Cara Menggemukkan Badan Yang Sehat

Cara Menggemukkan Badan Yang Sehat

Kebanyakan orang berjuang untuk menurunkan berat badan, namun tidak sedikit juga yang merasa perlu untuk menaikkan berat badannya. Baik karena ingin nampak terlihat lebih bagus saat menggunakan baju, ingin memperbesar otot, atau karena bosan dengan tampilan tubuh yang kurus.

Sylvia Escott-Stump, presiden American Dietetic Association menyampaikan bahwa memiliki berat badan sedikit dibawah rata-rata bukanlah masalah. “Jika anda merasa nyaman, mampu beraktivitas dan berolahraga dengan baik, memiliki berat badan sedikit dibawah berat badan ideal anda bukan merupakan suatu masalah dan penelitian menyebutkan bahwa hal tersebut berhubungan dengan kesehatan tubuh yang baik”, demikian Sylvia menyampaikan.

Namun yang jelas jika anda memang ingin meningkatkan berat badan, lakukanlah dengan cara yang sehat. Apa saja yang bisa dilakukan?

Tinggi Kalori, Tinggi Nutrisi

Memang benar jika kita ingin meningkatkan berat badan, kita perlu mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori. Kalori yang berlebih inilah yang akhirnya disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak atau otot.

Namun makanan yang terbaik bagi anda yang ingin meningkatkan berat badan adalah makanan yang tinggi kalori dan juga tinggi nutrisi. Jangan sampai kita hanya mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori namun kosong nutrisinya, makanan seperti ini biasanya makanan yang memiliki banyak kandungan yang hanya banyak mengandung lemak atau gula yang tinggi.

Pilihlah makanan yang juga mengandung banyak vitamin, mineral, zat gizi lain dan juga tinggi kalori. Sehingga dalam satu suap, anda bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap. Sylivia menyampaikan, mulailah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, kemudian anda bisa menambahkan dengan yoghurt buah, kacang-kacangan dan lemak yang sehat.

Makan Lebih Sering

Makan lebih sering merupakan salah satu strategi untuk memasukkan lebih banyak kalori ke dalam tubuh anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menyelipkan jadwal makan snack lebih sering selain dari waktu makan besar yang sebanyak tiga kali.

Cobalah makan enam kali sehari. Minimal tiga diantaranya mengandung protein, kabohidrat, lemak dan sayur-sayuran. Demikian yang disarankan oleh professor gizi dari Georgia State University, Christine Rosenbloom.

Contoh makanannya misalnya berupa sandwich roti gandung berisi ayam dengan mayonaise, tomat serat ditemani dengan smooties buah.

Jika kita memilih dengan bijak, kita bisa menaikkan berat badan hingga setengah kilo per minggunya.

Menambah Massa Otot

Rosenbloom menambahkan bahwa seseorang yang ingin menambah massa otot harus menambah jumlah kalori dan protein yang dikonsumsi dan melakukan latihan beban. Latihan beban untuk melatih otot merupakan strategi yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa anda menaikkan berat badan di lokasi yang tepat

Setelah melakukan latihan beban, seseorang disarankan untuk mengkonsumsi snack yang tinggi protein seperti susu coklat, atau protein shake untuk memberikan otot bahan bakar yang diperlukan setelah melakukan latihan berat. Selain itu, ia juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalori, tinggi protein seperti protein shake dengan campuran protein whey sebelum tidur.

Tips Untuk Meningkatkan Selera Makan

Jika anda tidak tertarik untuk makan, ada sejumlah cara yang bisa membantu menstimulasi selera makan anda.

Berjalan –jalan merupakan salah satu cara untuk untuk meningkatkan nafsu makan anda. Jika anda tidak lapar, memilih makana favorit anda mungkin bisa membantu. Menambahkan rempah dan rasa pada makanan anda juga seringkali meningkatkan selera makan.

Rasa manis dari buah-buahan juga bisa meningkatkan selera makan, terutama jika disajikan dalam bentuk jus buah. Minumlah di waktu yang terpisah untuk menyisihkan ruangan untuk makanan yang anda makan.

Makanan yang Mengandung Kandungan Gizi Lengkap

Makanan yang memiliki kalori dan kandungan gizi yang tinggi adalah makanan yang mengandung lemak, terutama lemak nabati. Lemak nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, selai almond, alpukat dan minyak tumbuhan merupakan contoh bahan makanan yang mengandung lemak yang sehat, tinggi kalori dan kalori.

Lemak hewani juga mengandung banyak kalori dan nutrisi. Namun, lemak hewani juga banyak mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL.

Pilihan pertama adalah lemak hewani dan produk susu yang rendah lemak, serta daging yang tidak mengandung banyak lemak. Dengan pilihan tersebut, meskipun anda berusaha meningkatkan berat badan, kesehatan jantung anda tidak akan terancam.

Jika anda memiliki kadar kolesterol yang normal, anda bisa memperoleh kalori ekstra dengan memilih produk susu full cream, misalnya saja keju, dan whole grain crackers untuk meningkatkan protein, kalori, kalsium dan vitamin D.

Pilihlah untuk meminum jus yang tinggi kalori dibandingkan air putih biasa. Selain itu pilihlah bumbu pelengkap yang tinggi kalori seperti mayonaise, thousand islands atau bumbu kacang.


Categories: Gaya Hidup Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.