Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Diwariskan ke Generasi Selanjutnya lewat DNA

Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Diwariskan  ke Generasi Selanjutnya lewat DNA

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa sisa sisa dari gaya hidup tidak sehat kita, stressor dari lingkungan, dan trauma  dapat  diturunkan kepada generasi selanjutnya lewat DNA kita. Proses ini menyebabkan anak keturunan kita lebih rentan untuk mengalami kondisi seperti gangguan mental dan obesitas.

Para peneliti sebelumnya telah mengetahui bahwa peristiwa trauma yang signifikan seperti peristiwa kelaparan dapat meninggalkan jejas pada generasi di masa depan. Selama ini mekanisme bagaimana hal ini terjadi belum banyak diketahui.

Lewat sebuah proses yang dikenal dengan istilah epigenetik, DNA kita secara terus menerus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh lingkungan (stressor, polusi, makanan). Proses ini akan menyalakan saklar on/off pada gen dan menimbulkan efek yang besar pada kesehatan kita. Sebelum ini, para peneliti menduga bahwa seluruh perubahan epigenetik ini tidak akan diturunkan lewat sperma atau sel telur manusia dan akan terhapus pada generasi selanjutnya.

Azim Surani dari Cambridge University  menyatakan bahwa sejumlah informasi perlu dihapus pada setiap generasi sebelum informasi lain ditambahkan untuk mengatur perkembangan telur yang akan berubah menjadi janin. Proses penghapusan dan pemrograman ulang ini terjadi pada minggu kedua sampai kesembilan. Untuk pertama kalinya diketahui bahwa tidak semua perubahan epigenetik ini bisa dihilangkan atau ‘diformat ulang’.  Pada dasarnya, sekitar 5 % dari DNA kita resisten untuk di program ulang dan membawa mutasi tersebut hingga generasi selanjutnya. Gen yang tidak bisa dihapus ini umumnya aktif  pada sel otak dan berhubungan dengan kondisi seperti skizofrenia, obesitas dan sindrom metabolic

Hasil temuan ini dipublikasikan pada jurnal Cell bulan Juni 2015. Para peneliti menegaskan bahwa ternyata bukan hanya penting memiliki gen yang baik, namun lebih dari itu, kita harus memiliki gaya hidup sehat untuk menjaga gen kita dalam keadaan baik. Karena jika tidak, kita mungkin mewariskan berbagai potensi penyakit pada anak cucu kita kelak.


Categories: Gaya Hidup Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.