Hara Hachi Bu, Rahasia Panjang Umur dari Okinawa

Hara Hachi Bu, Rahasia Panjang Umur dari Okinawa

Apakah anda pernah mendengar Hara Hachi Bu? Perkataan ini bukanlah mantra, namun salah satu rahasia panjang umur dan sehat warga Okinawa.

Hara hachi bu merupakan ajaran confusius yang  berarti berhenti makan sebelum kenyang, atau kira-kira hanya makan sampai 80% kenyang.

Cara ini merupakan sebuah kebiasaan yang cerdas karena  reseptor pada lambung  memang memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak.  Cukup mengisi hingga terasa 80% penuh, tunggu beberapa saat, dan andapun akan merasa kenyang.

Sementara itu, mengisi lambung terus menerus sampai merasa kenyang bukanlah tindakan yang bijaksana. Otot lambung akan mengalami peregangan, sehingga kita membutuhkan lebih banyak makanan untuk merasa kenyang.

Dengan mengamalkan Hara Hachi Bu, rata-rata orang Okinawa membatasi asupan kalorinya sebesar 1800-1900 kalori saja. Hal ini ikut berkontribusi menjaga indeks massa tubuh orang Okinawa berada dalam kisaran ideal. Para ahli menyebutkan,  prinsip ini mampu menjaga seseorang tetap langsing tanpa perlu merasa kelaparan.

Okinawa adalah lokasi dimana kita bisa menemukan populasi usia tua yang sangat banyak. Tidak tanggung-tanggung , ada sekitar 50 orang dari tiap 100.000 warga Okinawa yang berusia 100 tahun, atau dikenal dengan istilah centenarian.

Warga Okinawa bukan hanya terkenal karena usianya yang panjang. Namun, juga oleh kondisi tubuhnya yang tetap fit di usia tua. Mereka sangat jarang meninggal karena penyakit kronis seperti sakit kardiovaskuler atau sakit kanker.

Jika dibandingkan dengan orang Amerika di usia yang sama, kita dapat memperoleh perbandingan berikut ini:

  • Angka kematian karena penyakit jantung coroner 8x lebih rendah
  • Kemungkinan kematian karena kanker prostat 7x lebih rendah
  • Kemungkinan kematian karena kanker payudara 6.5 x lebih rendah
  • Kemungkinan kematian karena kanker usus besar 2.5 x lebih rendah
  • Angka kejadian patah tulang pinggul 40% lebih rendah
  • Jumlah rata-rata populasi yang mengalami dimensia lebih sedikit

Secara umum warga Okinawa mengkonsumsi  makanan lebih rendah kalori, rendah lemak, rendah gandum, lebih banyak kacang-kacangan, rendah daging dan banyak makan ubi. Kebiasaan ini terutama dilakukan sekitar tahun 1930-1950, waktu dimana para centenarian ini menghabiskan waktu mudanya.  Perlu diperhatikan bahwa pada generasi muda Okinawa yang mulai banyak mengadopsi  pola makan barat, didapatkan angka kejadian penyakit jantung yang lebih banyak.

Sebagai ringkasan, berikut ini adalah kebiasaan diet orang Okinawa yang bisa kita tiru:

  • Secara sadar mengontrol porsi makan dengan mengamalkan Hara Hachi Bu (makan sampai 80% kenyang)
  • Makan rendah kalori, makan banyak sayur-sayuran, banyak ikan, ubi dan kedelai.
  • Aktivitas fisikyang regular dan terus dan menerus. Tai-chi, jalan kaki, dan berkebun merupakan bentuk aktivitas fisik yang sering dikerjakan orang Okinawa.
  • Tetap langsing dan fit. Orang Okinawa rata-rata memiliki indeks masa tubuh 18-22.

Categories: Diet, Gaya Hidup Sehat

Comments

comments