Hati-hati, 6 Bahan Berbahaya Penyebab Kanker yang Ada Disekitar Kita!

Hati-hati, 6 Bahan Berbahaya Penyebab Kanker yang Ada Disekitar Kita!

Semua orang pasti ingin terhindar dari penyakit mengerikan seperti kanker. Namun terkadang ternyata penyebab kanker ada begitu dekat dengan diri kita.  Baik itu dari faktor genetik maupun faktor lingkungan. Kondisi genetik memang sulit kita ubah, namun faktor lingkungan, tentu masih bisa kita usahakan.

Berbagai faktor lingkungan yang mungkin dapat meningkatkan risiko kita terkena kanker dapat berupa polusi udara, sinar matahari, maupun paparan zat kimia berbahaya. Mengerikannya adalah ternyata banyak zat kimia berbahaya tersebut yang ada di rumah kita dan sering kita gunakan. Nah, kira-kira produk-produk apa saja yang mungkin mengandung zat kimia berbahaya penyebab kanker  yang ada disekitar kita?

Pewangi ruangan

Banyak pewangi ruangan yang mengandung karsinogen, campuran organik yang mudah menguap dan mengandung toksin seperti phthalate ester. Natural Resources Defense Council (NRDC) mempelajari 13 pewangi ruangan di rumah yang banyak mengandung zat kimia yang dapat memperparah asma dan mempengaruhi perkembangan reproduksi.

Menurut  penelitian tahun 2008 yang dilakukan oleh  Anne Steinemann dari University of Washington menemukan bahwa semua pewangi ruangan yang dites mengandung  karsinogen. Untuk itu ia menyarankan agar kita menggunakan pewangi alami seperti minyak esensial, butir biji kopi atau sisa kulit jeruk.

Lilin

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Consumer Product Safety Comission (CPSC), 40% dari lilin yang ada di pasaran Amerika mengandung timbal  didalam sumbunya.

Lilin dengan pewangi merupakan jenis yang paling banyak mengandung sumbu dengan timbal.  Minyak pewangi akan menyebabkan lilin menjadi lebih lunak, sehingga produsen akan mencampurkan timbal untuk membuat sumbu menjadi lebih keras.

Lilin yang mengandung timbal akan mengeluarkan kandungan timbal  yang lebih banyak sebanyak 5 kali lipat dibandingkan dengan kandungan timbal paling tinggi yang boleh ditemukan pada udara.

Paparan pada timbal dapat menimbulkan masalah perilaku, gangguan belajar dan masalah kesehatan lainnya.

Jika anda memerlukan lilin, anda bisa menggunakan lilin yang terbuat dari beeswax atau memastikan bahwa sumbu yang digunakan adalah sumbu kain biasa saja.

Deodoran

Isu mengenai deodoran yang menyebabkan kanker memang masih menimbulkan kontroversi. Ada yang setuju dan ada pula yang kontra.

(Selengkapnya disini:  Benarkah memakai deodoran dan mencukur rambut ketiak memicu kanker payudara?)

Kebanyakan deodoran konvensional mengandung antiperspiran yang berhubungan dengan beberapa jenis kanker. Selain itu karena deodoran dan antiperspiran didesain untuk menempel pada tubuh untuk berjam-jam, hal ini menimbulkan potensi absorbsi zat kimia yang berbahaya pada kulit.

Sampo

Tidak diduga, benda yang sangat sering kita gunakan ini ternyata mengandung banyak bahan yang toksik. Namun begitu, kandungan karsinogenik pada sampo masih dalam penelitian, dan belum diperoleh kesimpulan yang pasti mengenai hal ini.

Dalam sebuah investigasi di California tahun 2011 ditemukan 100 jenis sampo yang mengandung cocamide diethanolamine (cocamide DEA) yang melebihi batas aman. Cocamide DEA adalah produk turunan dari minyak kelapa yang berfungsi untuk menjadikan sampo lebih kental dan berbusa saat digunakan.

Alat seni dan alat lukis

Beberapa jenis bahan alat lukis seperti Epoxy, cat acrylic, pelarut cat,  serta spidol permanent mengandung zat kimia yang berhubungan dengan alergi, kerusakan organ dan kanker.

Anak-anak secara khusus lebih rentan pada toksin karena metabolisme yang yang tinggi dan sistem imun yang belum matur. Untuk itu diperlukan perhatian ekstra terhadap alat seni yang digunakan oleh anak.


Categories: Gaya Hidup Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.