Inilah 5 Dampak Penurunan Berat Badan Bagi Kesehatan

Inilah 5 Dampak Penurunan Berat Badan Bagi Kesehatan

Sehatmagz – Selain dapat memperindah penampilan, ternyata program penurunan berat badan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Untuk meningkatkan motivasi anda dalam upaya penurunan berat badan, ketahui apa saja keuntungan dari berkurangnya bobot tubuh.

  1. Menekan risiko kanker

Obesitas merupakan faktor risiko beberapa jenis kanker, termasuk endometriosis,pankreas, dan kanker payudara setelah menopause. Sekitar 40 persen kasus dipengaruhi oleh kegemukan berlebih.

 

  1. Mengurangi risiko diabates

Kegemukan juga menjadi salah satu faktor risiko diabetes. Karenanya, masuk akal jika mengurangi bobot tubuh akan menurunkan risiko enyakit ini.

 

  1. Menyehatkan jantung

Makin besar penurunan berat badan yang dimiliki orang obesitas, makin besar pula efek positifnya bagi jantung. Orang gemuk yang mengidap diabetes melitus dan berhasil turun berat badan 5-10 persen, mengalami perbaikan dalam kadar tekanan darah, kolesterol jahat, dan trigliserida.

 

  1. Tidur lebih nyenyak

Siapa yang tidak ingin tidur nyenyak dengan durasi yang lama? Salah satu cara mendapatkannya adalah mengurangi berat badan. Ini karena orang yang kelebihan berat badan biasanya mengalami sleep apnea (henti napas saat tidur) yang ditandai dengan ngorok.

Sleep apnea bisa membuat pasokan oksigen ke otak berkurang beberapa detik, tapi karena terjadi beberapa kali dalam satu malam, maka keesokan harinya kita akan jadi lesu, sulit berkonsentrasi, mirip dengan orang yang habis begadang.

 

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Penurunan berat badan, bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk pola pikir kita, seperti dikutip dari health.kompas.com. Menurut beberapa penelitian, penurunan berat badan terkait dengan peningkatan rasa self-esteem, citra diri, serta dapat mengurangi gejala-gejala stres.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.