Isu yang Salah Tentang Imunisasi

Isu yang Salah Tentang Imunisasi

Sehatmagz –  Masyarakat dan orangtua harus memahami info yang benar seputar imunisasi, agar tidak gelisah karena isu yang salah yang disebarkan oleh yang bukan praktisi imunisasi.

Ketua Divisi Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi mengatakan, tidak benar bahwa vaksin berbahaya, dibuat dari janin bayi, mengandung racun, lemak babi, mengakibatkan autime atau menimbulkan kematian. Semua isu-isu itu tidak benar, karena bukan bersumber dari ahli atau praktisi imunisasi, hanya bersumber dari isu tahun 1930-1960an. Teknologi pembuatan dan isi vaksin pada tahun-tahun tersebut sangat berbeda dengan vaksin-vaksin yang dipakai sekarang.

Isu tentang MMR menyebabkan autisme dilontarkan oleh dokter ahli bedah Inggris Wakefield (bukan dokter spesialis anak), hanya dengan responden 18 anak. Ternyata, ada pemalsuan data dan dinyatakan tidak sahih oleh British Medical Association dalam British Medical Journal Februari 2011. Publikasi 26 penelitian lain menyatakan tidak ada hubungan vaksin dan autisme, seperti dilansir dari rscm.co.id.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.