Jenis Diet Ini Hanya Akan Membuat Berat Badan Anda Bertambah

Jenis Diet Ini Hanya Akan Membuat Berat Badan Anda Bertambah

Sehatmagz – Beragam jenis dan metode diet untuk menurunkan berat badan saat ini sangatlah banyak. Anda harus cermat dalam memilihnya, karena bila anda salah pilih, bukannya berat anda yang berkurang, malah berat anda yang naik.

Salah satu jenis diet yang terkenal digunakan oleh para selebriti sejak setahun lalu adalah diet paleo. Namun studi menyebut diet paleo bukannya membuat perut langsing, namun malah menyebabkan berat badan bertambah.

Peneliti dari Melbourne University mengatakan diet tinggi lemak dan protein namun rendah karbohidrat tidak menurunkan berat badan. Yang ada, gula darah naik tak terkendali dan berat badan malah meningkat.

“Diet paleo tidak bermanfaat untuk orang dengan diabetes dan populasi umum secara general. Penelitian kami menyebut diet paleo malah menambah berat badan dan meningkatkan kadar gula darah,” tutur Professor Sof Andrikopoulos, peneliti dari Melbourne University, dikutip dari ABC Australia.

Professor Andrikopoulos melakukan penelitian kepada dua kelompok tikus dengan keadaan obesitas. Kelompok pertama menggunakan prinsip diet paleo smentara kelompok kedua menggunakan prinsip diet normal.

Ditemukan bahwa kelompok pertama mengalami peningkatan berat badan hingga 15 persen dibanding kelompok kedua. Gula darah mereka pun lebih tinggi kurang lebih 8 persen.

“Jika dibandingkan dengan manusia, berat anda yang sebelumnya 80 kg akan meningkat menjadi 92 kg hanya dalam waktu 8 minggu,” tutur Professor Andrikopoulos, seperti dikutip dari health.detik.com.

Diet paleo menjadi populer setelah beberapa selebriti seperti Matthew McConaughey, Miley Cyrus, Jessica Biel dan Megan Fox mengaku melakukan diet ini untuk menjaga penampilan mereka. Beberapa koki dan juru masak merekomendasikan diet ini untuk mengurangi kalori yang ada di tubuh dengan cara mengurangi asupan karbohidrat.

Terkait diet paleo, kalangan dokter mengatakan bahwa tubuh membutuhkan asupan gizi seimbang agar tetap sehat.daripada menghindari salah satu jenis makanan, lebih baik porsi makan yang dikurangi dan perbanyak makan sayur dan buah.

 


Categories: Diet, Gaya Hidup Sehat, Gizi

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.