Kebiasaan Penting Untuk Mencegah Bertambahnya Kerutan Wajah

Kebiasaan Penting Untuk Mencegah Bertambahnya Kerutan Wajah

Penuaan merupakan hal yang tidak bisa dielakkan. Setiap kita pasti pengalaminya. Namun, ternyata proses penuaan sebenarnya bisa diperlambat dengan konsumsi makanan bernutrisi, berolahraga rutin dan melakukan sejumlah kebiasaaan baik.

Salah satu tanda penuaan yang paling awal adalah munculnya kerutan-kerutan halus pada wajah. Nah, kira-kira kebiasaan baik apa saja yang bisa membantu kita mengurangi kerutan yang sudah mulai bermunculan?

Berikut ini adalah sejumlah kebiasaan baik yang perlu kita terapkan:

Mengkonsumsi Coklat

Asyik ya? Ternyata mengkonsumsi coklat, baik dalam bentuk minuman atau makanan, bisa membantu kita menghindari kerutan pada kulit. Supaya tidak malah jadi menambah berat badan, pilihlah dark chocolate ketimbang milk chocolate yang kaya akan susu dan gula. Para peneliti menemukan bahwa coklat memiliki dua kandungan antioksidan (epicathecin dan cathecin) yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari, memperbaiki aliran darah ke sel-sel kulit, membantu melemababkan dan membuat kulit terasa lebih halus. Hmm…enak ya!

 Kedelai untuk Kulit

Kedelai dapat memperbaiki penampilan kulit kita dan juga melindungnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kedelai yang digunakan langsung pada kulit, atau yang dikonsumsi sebagai suplemen dapat melindungi dan juga mengobati kerusakan kulit akibat matahari. Kedelai juga diketahui dapat memperbaiki struktur kulit, serta meratakan warnanya.

Vitamin C untuk Kulit

Sejumlah penelitian menemukan bahwa krim yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi dari kerusakan UVA dan UVB, membantu mengurangi bintik hitam dan warna kulit yang tidak rata. Pilihlah krim yang mengandung Vitamin C dalam bentuk L-ascorbic atau ascorbyl palmitate.

Tidur Terlentang

Tidur dalam posisi ini akan membantu memudarkan kerutan pada kulit yang muncul karena kebiasaan tidur yang terbentuk di malam-malam sebelumnya. Tidur pada satu sisi tubuh akan menyebabkan kerutan pada pipi dan dagu, sementara tidur tengkurang akan memberikan kerutan di dekat alis. Nah, guna mencegah terbentuknya kerutan akibat akumulasi kebiasaan tidur saat malam, usahakan tidur dalam keadaan terlentang.

Makan Lebih Banyak Ikan

Ikan, misalnya salmon, merupakan sumber protein yang pernting untuk membangun kulit yang sehat. Ikan juga merupakan sumber asam lemak omega 3. Asam lemak ini penting untuk nutrisi kulit, menjaga kelembaban dan menjadikan kulit nampak muda, dan meminimalisir kerutan.

Jangan Menyipitkan Mata

Melakukan ekspresi yang sama terus menerus seperti mengernyitkan kening dan menyipitkan mata akan meperberat kerja otot wajah, membentuk cekungan dibawah kulit. Jagalah mata tetap terbuka lebar, jika memang anda menyipitkan mata karena menurunnya fungsi penglihatan, jangan ragu untuk mulai menggunakan bantuan kacamata.

Gunakan Krim yang Mengandung AHA

Gunakanlah krim perwatan kulit yang mengandung AHA untuk mengangkat kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan kerutan halus, terutama yang ada didekat mata. AHA dengan konsentrasi yang tinggi juga dapat membantu produksi kolagen. Sayangnya menggunakan AHA akan menjadikan kulit menjadi lebih sensitif pada paparan sinar matahari. Oleh karena itu, tidak boleh lalai menggunakan tabir surya di siang harinya.

Jangan Mencuci Muka Terlalu Sering

Air kran dapat mengurangi kelembaban dan membasuh minyak alami yang melindungi kulit dari kerutan. Sebaiknya pilihlah sabun pembersih yang mengandung pelembab, atau sabun dalam bentuk gel atau krim.

Melakukan Perawatan Kulit Dasar Dengan Baik

Meskipun sudah sering mendengarkan nasihat penting dalam merawat kulit, namun hal ini tetap perlu diperhatikan, apakah sudah rutin dan konsisten dijalankan atau belum. Perawatan dasar tersebut antara lain:

  • Menghindari matahari dengan menggunakan tabir surya
  • Menggunakan baju yang melindungi dari sengatan matahari
  • Menggunakan pelembab
  • Tidak merokok

Selain


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.