Kemenkes Akan Adakan Vaksin Ulang Anak di Ciracas

Kemenkes Akan Adakan Vaksin Ulang Anak di Ciracas

Sehatmagz – Kementerian Kesehatan mejadwalkan pemberian vaksin ulang untuk anak-anak yang mendapat vaksin palsu di satu klinik di Ciracas, Jakarta Timur. Vaksin ulang rencananya akan diberikan pekan depan secara gratis.

“Yang terpetakan saat ini yang kita lakukan pekan depan untuk vaksinasi ulang itu di satu klinik di wilayah Ciracas. Tempat lain masih dalam proses,” ujar Kepala Biru Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Oscar Primadi di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Namun, belum dipastikan jumlah anak yang mendapat vaksin ulang karena masih didata lebih lanjut. Sementara itu, berdasarkan data sementara dari penyidik Bareskrim Polri, terdapat 48 anak di Ciracas yang mendapat vaksin palsu tahun 2016.

Namun, setelah ditelusuri pemberian vaksin sejak 2010, ternyata terdapat 197 anak yang juga mendapat vaksin palsu.

“Data inilah yang kami komunikasikan dengan satgas untuk kita tentukan langkah-langkah apakah perlu dilakukan vaksin ulang karena tidak mendapat vaksin seharusnya,” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Maura Linda Sitanggang mengatakan, vaksin ulang akan diberikan secara bertahap menunggu hasil pengecekan sampel vaksin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jika terbukti ditemukan sampel vaksin palsu, tim satgas akan menelusuri lokasi dan mendata anak-anak yang diduga mendapat vaksin palsu.

Anak yang mendapat vaksin palsu tentu menjadi tidak kebal terhadap suatu penyakit, seperti dikutip dari health.kompas.com. Untuk itu, vaksin ulang perlu diberikan segera untuk mencegah penyakit.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.