Mendengar Jam Biologis Kita

Sejatinya di dalam tubuh kita sudah terdapat jam biologis yang membantu mengenali apa yang perlu dilakukan oleh tubuh saat itu, baik itu bekerja, istirahat, membutuhkan makan atau justru berhenti makan.  Jam biologis ini mengirimkan sinyal yang disesuaikan dengan ritme pengeluaran hormon di dalam tubuh kita. Namun gaya hidup yang sangat sibuk saat ini menyebabkan kita seringkali mengabaikan sinyal-sinyal tersebut dan pada akhirnya menyebabkan kekacauan ritme normal tubuh.

Berikut ini adalah tips untuk dapat mengenali sinyal jam biologis kita kembali:

Mengatur Jam Makan

Makan terlalu dekat dengan jam tidur akan memperpanjang ritme  kerja tubuh  karena menyebabkan tubuh tetap aktif walaupun kita sudah tertidur. Karbohidrat, gula, dan protein (atau semua sumber makanan yang bukan lemak) menyebabkan peningkatan pesat gula darah, menstimulasi pankreas dan menyebabkan produksi insulin. Peningkatan insulin yang mendadak pada malam hari menyebabkan tubuh mengira bahwa kita perlu memperpanjang kebutuhan energi, sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa mendengarkan jam biologis untuk segera tidur.

 Olahraga Pada Pagi atau Siang Hari

Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa berolahraga pada pagi atau siang hari akan membantu kita untuk lebih mudah mendengarkan jam biologis kita. Olahaga membantu memudahkan pengembangan kebiasaan tidur yang baik dan meningkatkan kualitas tidur. Berolahraga akan menurunkan jumlah fase rapid eye movement dalam tidur sebanyak 5 menit. REM yang aktif merupakan tanda bahwa terdapat aktivitas otak yang aktif saat kita tidur. Selain memperpendek fase, berolahraga juga akan memperlambat onset muncul nya fase REM. Hal tersebut akan memperpanjang fase tidur dalam (fase Non-REM) dimanatubuh kita benar benar beristirahat dan melakukan regenerasi.

Mengatur Intensitas Cahaya Artifisial

Jam biologis kita salah satunya diatur dengan membedakan jumlah cahaya yang diterima saat siang dan malam., melalui regulasi oleh melatonin. Hormon ini akan mengatakan kepada tubuh untuk beristirahat saat waktu sudah malam, dan memacu tubuh untuk lebih aktif saat cahaya mulai banyak. Saat terdapat banyak cahaya, jumlah melatonin didalam tubuh akan menurun, dan akan meningkat saat sudah malam. Sayangnya penggunaan alat canggih seperti smart phones dan komputer akan menyebabkan jumlah melatonin tetap rendah dan membuat tubuh mengira bahwa saat ini adalah siang hari.  Hal ini akan menyebabkan kita kesulitan untuk mengikuti jam biologis untuk segera beristirahat di malam hari.

Pertanyaannya adalah mengapa begitu penting untuk mendengarkan jam biologis kita? Menurut para peneliti, jawabannya adalah ketidakserasian yang berlangsung terus menerus antara irama lingkungan dalam tubuh  dan kondisi psikologi bukan hanya menurunkan performa seseorang secara psikologis  namun juga menyebabkan keungkinan banyaknya gangguan kesehatan, seperti diabetes, gangguan jantung, gangguan tidur dan kanker.


Comments

comments