Minum Kopi Sebelum Olahraga, Berbahayakah?

Minum Kopi Sebelum Olahraga, Berbahayakah?

Sehatmagz – Dalam kondisi normal, secangkir kopi adalah salah satu hidangan paling nikmat untuk mengawali pagi. Namun bagi yang hendak berolahraga, apakah kopi akan memberikan manfaat ekstra?

Bagi beberapa orang yang selalu bangun dalam kondisi malas-malasan, secangkir kopi memang cukup efektif untuk memberi suntukan energi agar lebih bersemangat dalam berolahraga. Masalahnya, tidak ada bukti ilmiah bahwa kopi bisa memberikan energi ekstra.

“Kafein tidak memberi anda energi. Yang terjadi adalah meningkatkan adrenalin, dan itu adalah dua hal yang berbeda,” kata seorang ahli nutrisi, Zoe Bingley Pullin seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Sebagian orang memang memiliki persepsi bahwa peninkatan adrenalin adalah energi itu sendiri. Itulah sebabnya, menjelang sore hari banyak orang membuat kopi. Pada saat tersebut, level energi mulai menurun sehingga banyak orang merasa mengantuk.

Dalam olahraga, manfaat kafein memang bukan barang baru. Peningkatan adrenalin, meski bukan benar-benar menambah energi, bisa memberikan suntukan semangat sehingga terasa seperti lebih berenergi. Namun Pulling mengingatkan pula bahayanya.

“Sementara adrenalin memberi anda kemampuan untuk olahraga lebih keras, sisi lainnya adalah kafein merupakan diuretik,” kata Pullin.

Artinya, kafein dalam kopi merangsang seseorang untuk lebih sering buang air kecil. Saat olahraga dan berkeringat, tentu kondisi tersebut akan meningkatkan risiko dehidrasi. Agar tidak memicu dampak yang tidak diharapkan, pastikan untuk mengimbangi kecukupan cairan dengan cara banyak minum air putih, seperti dilansir dari health.detik.com.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.