Seberapa Banyak Ikan yang Perlu Kita Konsumsi?

Seberapa Banyak Ikan yang Perlu Kita Konsumsi?

Kita sudah sering mendengar bahwa konsumsi ikan baik untuk kesehatan, namun sebenarnya seberapa banyak porsi yang dianjurkan? Ternyata tidak perlu mengkonsumsi ikan dalam porsi yang besar perharinya. Cukup mengkonsumsi ikan dalam porsi sedang sebanyak 1-2 porsi dalam seminggu ternyata sudah cukup untuk menekan kemungkinan terkena serangan jantung sebesar 36%. Hal ini disebutkan oleh Dr. Dariush Mozariffarian dari Harvard School of Public Health setelah melakukan analisis terhadap 30 penelitian di seluruh dunia.

Kandungan omega 3 pada minyak ikan diduga sebagai faktor yang paling berperan sebagai cardiac protector. Konsumsi omega 3 ikut menstabilkan irama jantung, membantu penurunan tekanan darah , meredakan inflamasi kronik pada arteri dan ikut menurunkan kadar trigliserida yang berperan menyebabkan sumbatan pembuluh darah. Berikut ini daftar ikan dengan kadungan omega 3 yang tinggi: ikan salmon,  tuna, gindara, tenggiri,  herring, trout dan bass.

salmon filet

Selain memperhatikan kandungan gizi, kita juga perlu memperhatikan kandungan merkuri yang dikandung oleh ikan dan makanan lautnya. Kandungan merkuri yang tinggi dapat menyebabkan gangguan perkembangan saraf dan otak, terutama pada janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil.   Ikan yang banyak mengandung merkuri biasanya adalah ikan besar pemangsa ikan lain,  seperti ikan king mackerel (tenggiri raja), hiu,  dan todak. Untuk ikan dengan merkuri yang tinggi, konsumsi harus dibatasi sebanyak 3 porsi dalam sebulan.

kerang

Sementara ikan dengan kandungan rendah merkuri antara lain: teri, lele, kepiting, ikan seluang, ikan belanak, ikan bawal, herring, ikan nila,  salmon, sarden, cumi-cumi, udang dan ikan trout. Ikan-ikan tersebut aman untuk dikonsumsi dalam jumlah wajar.

 Namun bagaimana jika kita tidak suka dengan ikan, tetapi masih ingin mendapatkan manfaatnya? Simak tulisan berikut ini.


Categories: Gaya Hidup Sehat, Gizi
Tags: ikan

Comments

comments