Strategi Mudah Meningkatkan Imunitas Anda  

Strategi Mudah Meningkatkan Imunitas Anda   

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami infeksi di saat orang lain di sekitar Anda sehat-sehat saja? Sering mengalami batuk-pilek dan badan meriang? Jika benar begitu, tidak ada salahnya Anda mencoba hal-hal di bawah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Sering-seringlah mencuci tangan

Para ahli merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara periodik setiap hari. Bila tidak memungkinkan mencuci tangan dengan air, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol. Lakukanlah cuci tangan setidaknya pada saat-saat berikut:

  • Sebelum makan
  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum dan setelah kontak dengan orang sakit
  • Setelah buang air
  • Setelah batuk atau bersin
  • Setelah kontak dengan hewan, kotoran hewan, atau sampah

Tidur cukup

Memiliki pola tidur yang baik menjadi hal terpenting untuk meningkatkan imunitas Anda. Tidur yang cukup sangat membantu imunitas Anda agar tetap bekerja optimal. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan sel T (salah satu komponen sistem kekebalan tubuh) dan meningkatkan sitokin yang memicu peradangan. Meskipun setiap individu memiliki kebutuhan yang bervariasi, sebagian besar ahli menganjurkan tidur selama minimal 7 jam pada malam hari.

Penuhi kebutuhan cairan Anda

Untuk mempertahankan status hidrasi, orang dewasa membutuhkan cairan sekitar 30 mL tiap kilogram berat badan. Cairan yang cukup akan menjaga selaput mukosa saluran pernapasan tetap lembab, sehingga dapat meminimalisir terjadinya common cold atau influenza.

Miliki pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat juga menyumbang peranan penting bagi kesehatan Anda. Pola makan dengan gizi lengkap dan seimbang merupakan pendekatan terbaik. Anda cukup mengonsumsi biji-bijian dan gandum utuh, sayuran serta  buah-buahan setiap harinya. Mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda, tanpa perlu tambahan konsumsi suplemen multivitamin. Lain halnya dengan makanan cepat saji (fast food), anda perlu menghindari makanan ini, karena sebagian besar makanan cepat saji tinggi akan kalori tetapi miskin akan kandungan zat gizi.

Beberapa zat gizi terbukti dapat meningkatkan imunitas, di antaranya vitamin A, vitamin E, zinc, dan selenium. Vitamin A dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan yang berwarna oranye, merah, kuning, dan hijau tua. Biji-bijian merupakan salah satu sumber vitamin E. Zinc dapat diperoleh dari gandum utuh, daging, susu dan yogurt. Sedangkan selenium didapat dari  berbagai makanan nabati dan hewani (kadarnya tergantung kadar selenium dalam tanah).

Hindari Stres

Stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Stres dapat memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda dan menurunkan imunitas terhadap infeksi. Meskipun demikian, stres merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam hidup bukan? Setiap kejadian yang Anda alami, setiap orang yang Anda temui dapat menjadi stressor dalam hidup Anda.

Seorang psikolog dari Universitas California San Fransisco, Dr. Frances Cohen, menyarankan Anda agar mengadopsi mekanisme pertahanan jiwa untuk menghadapi stres, atau mencari jalan keluar dari situasi yang membuat Anda stres. Melakukan olahraga ringan-sedang selama 30 menit setiap hari, bercengkrama dengan sahabat dan keluarga Anda, mengisi waktu luang dengan hobi positif, akan sangat membantu menghilangkan stres yang mungkin Anda alami.

Semoga setelah melakukan 5 langkah diatas sistem imun anda terus dalam keadaan siaga dan siap menghadang berbagai agen penyebab penyakit yang datang. Selamat mencoba!

Ditulis oleh: dr. Wang Erna


Comments

comments