Ternyata Makanan Berlemak Penyebab “Ngantuk” Setelah Makan Siang

Ternyata Makanan Berlemak Penyebab “Ngantuk” Setelah Makan Siang

Sehatmagz – Rasa ngantuk yang sulit ditahan setelah makan siang bisa disebabkan oleh pemilihan menu makan yang tidak sehat. Pola makan tinggi lemak merupakan salah satu penyebabnya.

Orang yang banyak mengasup makanan berlemak paling besar kemungkinannya mengalami ngantuk di siang hari dan juga sleep apnea (henti napas ketika tidur dan ditandai dengan mengorok).

Hubungan antara asupan lemak dengan sleep apnea paling terlihat pada orang yang gemuk. Sedangkan kaitan antara makanan berlemak dan mengantuk setelah makan bisa dilihat pada orang dengan berbagai kategori berat badan.

“Pola makan berpengaruh besar pada kesehatan. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak berdampak buruk bagi kualitas tidur. Kuncinya adalah makan secara sehat dan seimbang,” kata Yingting Cao, peneliti dari Universitas Adelaide, Australia.

Dalam penelitiannya, Cao memberi kuesioner pada 1.800 pria mengenai pola makan dan seberapa mengantuk mereka di siang hari, seperti dikutip dari health.kompas.com. Para responden itu juga dimonitor secara elektronik untuk mengetahui adakah gangguan tidur sleep apnea.

 

 

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.