Ternyata Tomat Juga Bisa Buat Keluhan Asam Urat

Masalah asam urat merupakan masalah kesehatan yang sering ditemui seiring dengan bertambahnya usia. Berlebihnya kadar asam urat di dalam darah dapat menyebabkan penumbukan kristal asam urat pada ginjal yang menyebabkan batu ginjal ataupun menumpuk pada celah sendi dan menyebabkan keluhan gout artritis.

Keluhan berupa sendi yang sakit karena gout artritis merupakan keluhan yang paling sering menyadarkan seseorang bahwa dirinya memiliki masalah asam urat. Keluhan ini seringkali juga dirasakan seseorang setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Selama ini makanan yang telah diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah dan menyebabkan serangan gout adalah jeroan, seafood,  daging merah dan beberapa jenis sayuran. Sementara makanan yang dianggap dapat mengurangi keluhan gout antara lain adalah kopi, susu, dan makanan yang kaya vitamin C seperti sayur dan buah-buahan.

Namun begitu banyak penderita gout yang melaporkan bahwa mereka menghindari tomat dan produk turunannya. Hal ini menyebabkan para ahli  dari Universitas Otago, Selandia Baru, tertarik melakukan penelitian mengenai pola konsumsi tomat dan apakah konsumsi tomat berhubungan dengan kenaikan kadar asam urat di dalam darah.

Selama penelitian, para peneliti mengamati pola konsumsi pada 2051 pria dan wanita yang memiliki gout di New Zealand.  Kurang lebih 71% dari peserta melaporkan bahwa mereka memiliki pencetus makanan. Diantara jenis pencetus yang paling sering menyebabkan serangan adalah seafood, alkohol dan daging merah. Dari 20%  kasus, tomat juga terdaftar sebagai penyebab serangan.

Tomat ternyata berhubungan dengan kenaikan asam urat di dalam darah meskipun ia mengandung vitamin C yang dapat menurunkan risiko asam urat. Menghindari tomat dapat bermanfaat untuk mencegah asam urat  bagi orang yang pernah mengalami serangan gout setelah mengkonsumsinya,, namun dengan terapi yang tepat, seseorang tidak perlu selalu menghindari tomat.

Saat ini para ahli masih terus berdiskusi dan mencari bukti yang lebih dalam untuk memasukkan tomat sebagai makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat.

Sumber: “New research backs belief that tomatoes can be a gout trigger,” ScienceDaily web site, August 19, 2015; www.sciencedaily.com/releases/2015/08/150819103658.htm

Sumber featured image:


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.