Turunkan Risiko Serangan Jantung dengan Diet Mediterania

Turunkan Risiko Serangan Jantung dengan Diet Mediterania

Sehatmagz – Studi baru menemukan bahwa untuk setiap 100 orang makan sehat dengan gaya diet Mediterania, tiga kali lebih sedikit berisiko terkena serangan jantung, stroke atau kematian dibandingkan dengan orang dewasa yang memiliki pola makan ala Barat, seperti disebutkan dalam studi ini.

“Untuk mengatakan bahwa saran diet harus fokus hanya pada mengonsumsi makanan sehat dan bukan pada membatasi makanan yang tidak sehat dalam diet khas Barat, adalah hal yang tidak masuk akal,” kata Smantha Heller, ahli gizi klinis senior di New York University medical Center, di New York City.

Secara umum,makanan diet Mediterania mencakup hummus, yoghurt, mentimun, bawang putih, minyak zaitun, pasta, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, buah segar, salad segar dan sayuran seperti zucchini, tomat dan terong, katanya.

Penelitian telah mengaitkan diet Mediterania dengan banyak manfaat kesehatan, kata Heller.

Sebaliknya, diet Barat ditandai dengan porsi yang besar, asupan tinggi daging merah dan olahan, karbohidrat olahan seperti sereal manis dan kue, makanan yang diproses, makanan yang digoreng seperti kentang goreng, junk food, dan minuman manis, seperti dikutip dari health.kompas.com.

Banyak penelitian tela menunjukkan bahwa pola diet Barat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, penyakit autoimun, kanker, diabetes, penurunan mental dan penyakit pencernaan seperti penyakit Crohn, kata Heller.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.