Ayo Tingkatkan Rasio Kolesterol Baik dalam Tubuh Kita!

Dalam istilah sehari- hari kita sudah sering mendengar istilah kolesterol jahat  dan kolesterol baik. Bagaimana bisa muncul istilah tersebut? Berikut penjelasannya: Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) adalah golongan lipoprotein dengan berat molekul yang kecil. Lipoprotein ini akan beredar keseluruh tubuh dan pembuluh darah untuk mengantarkan kolesterol. Apabila tubuh mengalami kelebihan kolesterol maka lama kelamaan  LDL akan mengendap dan menimbulkan sumbatan pembuluh darah. Sumbatan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal masalah kardiovaskuler, baik itu serangan jantung atau stroke. Sebaliknya, kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL)  merupakan jenis lipoprotein pemulung. Ia akan beredar dan mengumpulkan kelebihan kolesterol di dalam darah untuk dibawa kembali di dalam hati  untuk kemudian dihancurkan.

Kadar HDL yang tinggi akan bermanfaat untuk menghindari risiko kardiovaskuler yang sudah disebutkan diatas. Beriku ini beberapa makanan yang menurut penelitian mampu meningkatkan kadar HDL:

cocoaDark Chocolate

Konsumsi  100 gram coklat (70% cocoa) selama seminggu dapat meningkatkan angka HDL hingga 9%. Paul Gurbel dari Sinai Hospital menyebutkan konsumsi harian  sebesar  15g dapat memberikan hasil yang sama. Para peneliti Jepang menyebutkan bahwa kandungan Polyphenol dalam coklat mengaktivasi gen yang meningkatkan produksi HDL.

nutsKacang Kacangan

Pada metaanalisis terhadap 25 penelitian yang berbeda mengenai kacang tanah, kacang walnut, kacang badam, pistachio dan macadamia yang di lakukan peneliti di Linda Loma University California menyebutkan bahwa konsumsi 67 gram atau kurang dari 2 ons per hari dapat meningkatkan rasio  HDL terhadap LDL sebesar 8.3%.

salmon Salmon

Peneliti yang sama dari Linda Loma University menyatakan  bahwa konsumsi 115 gram salmon dalam seminggu terus menerus selama sebulan akan meningkatkan HDL sebanyak 4%.  Bagaimana dengan ikan lain? Ternyata jenis ikan lain seperti  herring, sarden, dan tengiri juga dapat memberikan efek yang sama.

 Egg3Telur

Telur kaya akan lesitin yang mampu meningkatkan HDL. Konsumsi telur selama 12 minggu setiap hari meningkatkan HDL sebesar 48% menurut penelitian di Thailand.

Apabila dengan pengaturan diet kadar HDL tidak juga meningkat, sebaiknya dilakukan konsultasi kepada dokter penyakit dalam. Dokter mungkin akan membantu dengan pemberian obat-obatan tertentu serta saran perubahan gaya hidup berupa olah raga dan penghentian kebiasaan merokok.

Salam sehat! Semoga setelah ini semakin jumlah rasio kolesterol baik semakin banyak dalam tubuh kita ya!


Comments

comments