Ayo Menyusui, Bu!

Ayo Menyusui, Bu!

Menyusui telah menjadi isu kesehatan masyarakat sejak lama. Pentingnya pemberian ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupan bayi ditambah dengan begitu banyaknya manfaat pemberian ASI pada bagi anak maupun ibu telah dibuktikan secara ilmiah oleh berbagai penelitian. Sehatmagz sudah pernah membahas salah satunya, yaitu manfaat menyusui untuk kecerdasan anak.

Ayo Menyusui, Bu! (wikipedia)

Ayo Menyusui, Bu! (wikipedia)

Dengan banyaknya manfaat menyusui, ternyata terdapat fakta-fakta yang miris soal ini. Di Amerika Serikat yang notabene merupakan negara maju saja kecenderungan seorang ibu untuk menyusui anaknya cukup rendah. Sebuah rilis ilmiah menyebutkan bahwa hanya sekitar 70% ibu di Amerika Serikat yang memberikan ASI sejak lahirnya bayi dan hanya sekitar 35% yang tetap menyusui pada saat anaknya berusia 6 bulan. Bahkan British Medical Journal mempublikasikan sebuah rilis ilmiah pada tahun 2014 lalu yang mengungkapkan bahwa di Britania Raya diperkirakan hanya sekitar 25% bayi yang mendapatkan ASI.

Semoga para ibu di Indonesia mau dan mampu memberikan ASI eksklusif di 6 bulan awal kehidupan anaknya, lalu berlanjut menyusui anak-anaknya hingga usia 2 tahun. Dari sanalah diharapkan tumbuh generasi unggul yang akan membangun dunia ke arah yang lebih baik. Tentu saja hal ini penting bukan hanya untuk kesehatan dan kebaikan anaknya, melainkan juga untuk kesehatan dan kebaikan sang ibu. Mungkin perlu perjuangan dan kesabaran untuk mampu menjalaninya, tapi semua itu layak untuk dilakukan demi hasil positif yang diharapkan. Terus berjuang ya, bu!


Comments

comments