Ternyata Tinggi Badan Berhubungan Dengan Kesehatan

Ternyata Tinggi Badan Berhubungan Dengan Kesehatan

Tinggi badan kadang menjadi perhatian seseorang, terutama berkaitan dengan penampilan. Riset-riset terkini dalam bidang kedokteran mengungkap fakta bahwa ternyata tinggi badan juga berhubungan dengan kesehatan.

Ternyata Tinggi Badan Berhubungan Dengan Kesehatan

Ternyata Tinggi Berhubungan Dengan Kesehatan

Dr. Sarah Jarvis mengungkapkan hal ini di sebuah situs kesehatan ternama di Inggris, Patient. Berikut ini beberapa hal yang menarik berkenaan dengan tinggi badan:

– Semakin tinggi tubuh anda, semakin rendah risiko anda untuk terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK). Orang dengan tinggi 5 kaki 6 inci (sekitar 167 cm) memiliki risiko terkena PJK lebih rendah 32% dari orang dengan tinggi badan 5 kaki (sekitar 152 cm). Berdasarkan riset, penambahan tinggi badan sebesar 2,5 inci (6,35 cm) akan menurunkan risiko terkena PJK sebesar 13%.

– Semakin tinggi tubuh anda, semakin rendah risiko anda untuk mengalami stroke. Diperkirakan, penambahan tinggi badan sebesar 1 inci (2,54 cm) akan menurunkan risiko terkena stroke sebesar 6,5%.

– Semakin tinggi tubuh anda, semakin tinggi risiko anda terkenan kanker. Bagi wanita, risiko terkena kanker usus, kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit dan kanker sel darah putih (leukimia) akan meningkat pada wanita dengan tubuh lebih tinggi.Pada pria, risiko terkena kanker prostat akan meningkat pada pria dengan tubuh lebih tinggi. Meski sudah ditemukan kaitannya, namun hal ini belum ditemukan alasannya.

– Semakin tinggi tubuh anda, semakin rendah risiko anda terserang Penyakit Alzheimer. Kita lebih mengenal penyakit ini sebagai gejala pikun (mudah lupa). Ternyata para peneliti menemukan bahwa Penyakit Alzheimer lebih banyak terdapat pada orang-orang dengan tubuh pendek.

Fakta yang cukup melegakan adalah bahwa meskipun terdapat hubungan antara tinggi badan dan kesehatan, namun faktor gaya hidup dan genetis (keturunan) tetap berperan sangat besar dalam menentukan terjadinya penyakit-penyakit di atas. Setidaknya kita tidak perlu meratapi nasib kita jika kita ditakdirkan bertubuh pendek. Baik kita tertakdir bertubuh tinggi maupun pendek, yang kita perlu lakukan adalah terus menjaga gaya hidup sehat agar kita terhindar dari berbagai penyakit.


Comments

comments