Perut Tiba-Tiba Terasa Sangat Perih, Apa Sebabnya?

Perut Tiba-Tiba Terasa Sangat Perih, Apa Sebabnya?

Dok, jika perut tiba-tiba terasa sangat perih sekali, itu gejala penyakit apa ya?

[email protected]

Penyebab nyeri pada perut dapat berbagai macam. Perut merupakan bagian tubuh yang mengandung banyak organ, baik itu organ pencernaan, organ reproduksi serta organ saluran kencing. Sehingga untuk menentukan darimana nyeri berasal, kita juga perlu mengetahui lokasi, sifat nyeri serta gejala penyerta yang ada.

Seringkali nyeri yang dirasakan pada bagian ulu hati serta kiri perut sering disebabkan oleh gastritis atau maag. Lapisan lambung mengalami iritasi akibat meningkatnya kadar asam lambung. Jika hal ini terjadi terus menerus, dapat terbentuk luka atau tukak di dalam lambung. Jika sudah terbentuk luka, nyeri akan terasa lebih menyakitkan. Nyeri karena adanya luka pada lambung atau duonenum seringkali ditandai dengan nyeri yang muncul beberapa saat setelah makan atau nyeri yang terasa di malam hari.

Nyeri perut yang terasa tajam pada bagian perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh peradangan pada kantong empedu (kolesistitis) baik yang disebabkan oleh adanya infeksi atau adannya batu pada kantong empedu. Nyeri pada daerah ini juga bisa dijalarkan keatas hingga bagian pundak.

Nyeri ini juga masih mungkin disebabkan oleh masalah pada saluran kencing, ataupun organ reproduksi.

Nyeri yang tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan dan terlokalisir pada beberapa bagian dari perut anda, mungkin merupakan sebuah kondisi yang berbahaya.  Jika hal ini terjadi, segera temui dokter di  UGD terdekat. Hal ini bisa merupakan pertanda dari masalah serius yang dapat memburuk dan membahayakan jiwa.

Masalah kesehatan serius yang dapat terjadi antara lain:

  • Apendisitis  atau peradangan pada usus buntu yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut kanan bawah. Usus buntu yang mengalami perdangan dapat membengkak dan bahkan pecah. Untuk menghindari hal ini, operasi pengangkatan usus buntu terkadang disarankan untuk dilakukan.
  • Perdarahan atau perforasi (pecahnya) ulcus pepctic pada lambung atau duodenum (usus dua belas jari).
  • Kolestisistitis akut atau peradangan pada kantong empedu.
  • Batu ginjal yang berukuran kecil dapat dikeluarkan melalui urin. Sementara batu ginjal yang besar dapat memblok saluran tubulus ginjal dan menyebabkan peradangan yang menimbulkan rasa nyeri mendadak.
  • Divertikulitis merupakan peradangan pada kantong-kantong kecil yang ada pada usus yang terkadang membutuhkan pengobatan antibiotik di rumah sakit.
  • Pankreatitis akut atau peradangan pada pankreas merupakan salah satu jenis kegawatan dalam dunia medis. Karena selain menyebabkan nyeri, enzim yang dilepaskan oleh pankreas juga dapat merusak organ yang ada disekitarnya.

Categories: Tanya Jawab
Tags: nyeri perut

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.