Hidung Sering Pilek dan Tersumbat, Mungkinkah Karena Polip?

Hidung Sering Pilek dan Tersumbat, Mungkinkah Karena Polip?

Jika anda merasa sering pilek dan hidung terasa tersumbat yang dirasa memberat dan tidak kunjung sembuh bisa jadi anda mengalami polip hidung.

Apa saja gejala dan bagaimana penanganan polip hidung? Yuk kita kenali bersama!

Polip adalah massa lunak berwarna putih atau keabu-abuan yang terdapat dalam rongga hidung. Pertumbuhan polip dapat terjadi pada mukosa hidung akibat reaksi hipersensitif atau reaksi alergi . Faktor predisposisinya antara lain alergi, sinusitis kronis, iritasi, sumbatan hidung karena kelainan anatomis seperti  hipertrofi konka. Polip paling sering muncul dari sinus etmoid, multiple, dan bilateral.

Polip bisa muncul akibat reaksi hipersensitivitas pada mukosa hidung.

Polip bisa muncul akibat reaksi hipersensitivitas pada mukosa hidung. Gejala yang bisa muncul salah satu nya adalah hidung berair.

 

Gejala  yang dirasakan karena polip antara lailn adalah sumbatan hidung yang menetap dan semakin lama semakin berat dan hidung berair. Dapat terjadi penurunan kemampuan untuk menghidu. Bila menyumbat lubang hidung di bagian dalam dapat terjadi sinusitis dengan sekret atau cairan hidung yang seperti nanah.

Karena disebabkan alergi gejala umum adalah bersin dan iritasi hidung.  Polip bertangkai sehingga mudah digerakan, konsistensinya lunak, tidak nyeri bila ditekan, tidak mudah berdarah, dan tidak mengecil pada pemakaian obat vasokonstriktor. Pada pemeriksaan klinis tampak massa putih keabuan atau kuning kemerahan dalam ruang hidung.

polip hidung 2

Gambaran polip pada pemeriksaan klinis.

 

Penatalaksanaan Polip

Polip yang masih kecil dapat diterapi secara konservatif dengan kortikosteroid baik secara sistemik, disuntikan langsung atau disemprotkan pada polip. Namun jika sudah besar, polip di ekstraksi dengan senar. Jika munculnya polip berulang, maka disarankan untuk operasi etmoidektomi intranasal.


Categories: THT

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.