Stop Kebiasaan Menduduki Dompet Sekarang Juga!

Stop Kebiasaan Menduduki Dompet Sekarang Juga!

Apakah anda atau kerabat anda sering merasa pegal pada bagian pinggang, punggung atau pantat? Keluhan ini memang kerap kali muncul setelah melakukan kerja berat atau akibat cidera berolahraga. Namun keluhan tersebut juga bisa muncul pada orang yang tidak melakukan hal tersebut. Hal ini tentu membuat penasaran, tidak kerja berat kok tetap pegal-pegal, apa yang salah ya?

Hmm, ternyata bisa jadi ini adalah salah dompet anda!

Dompet yang tebal baik itu terisi uang, kartu-kartu ataupun hanya kertas bon ternyata dapat membahayakan kesehatan karena mempengaruhi tulang, otot, sendi dan saraf yang berada di sekitar punggung dan pantat.

Apabila diduduki, dompet yang diduduki dapat menyebabkan perubahan posisi. Pinggul yang menduduki dompet menjadi lebih tinggi, akibatnya pinggul tidak sejajar, dan tulang punggung juga akan melakukan penyesuaian.

Tulang punggung dan badan akan miring kearah sisi dimana dompet  berada, dan kepala juga akan ikut-ikutan miring kearah tersebut untuk menjaga mata  sejajar dengan bidang lantai.

Sebagai contoh, jika anda mengantongi dompet anda di saku belakang kanan, pada saat duduk, tulang punggung, badan dan kepala anda akan agak miring ke kanan, begitu juga sebaliknya. Semua itu dilakukan tubuh anda secara tidak disadari.

Tulang punggung akan berubah posisi ke sisi tubuh yang lebih tinggi karena menduduki dompet.

Tulang punggung akan berubah posisi ke sisi tubuh yang lebih tinggi karena menduduki dompet.

Kedua sisi pinggul anda juga dapat sedikit berotasi karena tekanan konstan yang dihasilkan dari salah satu sisi pinggul, dan hal ini dapat menyebabkan disfungsi sendi sakroiliaka, yaitu sendi yang menghubungkan antara ujung tulang punggung dengan tulang panggul.

Tidak hanya pada tulang dan sendi, menduduki dompet yang tebal juga dapat menimbulkan gangguan pada saraf yang berjalan melewati pantat, yaitu sciatic nerve atau saraf iskiadikus. Saraf yang terhimpit akan menimbulkan rasa nyeri, kesemutan hingga mati rasa pada otot-otot kaki yang disarafi oleh ujung saraf . Kondisi ini  dikenal dengan istilah ‘neuropati karena dompet’  atau  “wallet-neuropathy”.

Tekanan pada saraf iskiadikus dapat menyebabkan nyeri  atau kesemutan yang dirasakan pada  paha hingga ujung kaki.

Tekanan pada saraf iskiadikus dapat menyebabkan nyeri atau kesemutan yang dirasakan pada paha hingga ujung kaki.

Menduduki dompet yang tebal memang pada awalnya menimbulkan rasa tidak nyaman, namun jika sudah terbiasa anda tidak akan menyadarinya hingga pada akhirnya menimbulkan masalah yang disebutkan diatas. Keseluruhan gejala yang dapat muncul karena menduduki dompet yang tebal ini dikenal dengan istilah “hip-pocket syndrome”.

Jika saat ini akan mengalami keluhan-keluhan seperti diatas, maka pikirkan kemungkinan penyebabnya adalah dompet tebal yang anda duduki sepanjang hari.

 Disusun oleh: dr. Nurdita Kartika


Categories: Tulang dan Sendi

Comments

comments