SADARI: Deteksi Dini Kanker Payudara

SADARI: Deteksi Dini Kanker Payudara

SADARI atau periksa payudara sendiri merupakan salah satu bentuk skrining kanker payudara yang penting dilakukan. Seorang wanita dewasa disarankan untuk melakukan setidaknya satu kali pemeriksaan payudara sendiri setiap bulannya. Hal ini perlu dilakukan secara rutin, agar seorang wanita hafal dengan bentuk dan penampilan payudaranya.

Kapan?

Pilihlah satu watu yang sama setiap bulannya. Untuk wanita yang masih mengalami menstruasi disarankan untuk melakukannya di akhir periode menstruasi. Pada saat ini, pengaruh hormon pada payudara sudah mulai menghilang.  Sementara untuk wanita yang sudah tidak menstruasi lagi, disarankan untuk memilih satu hari dalam penanggalan (misalnya setiap tanggal 1 atau 15)  dan mengulangi di tanggal yang  sama.

Langkah-langkah:

  1. Mulai dengan melihat payudara dalam posisi berdiri didepan kaca dengan tangan dipinggang dan bahu dalam keadaan lurus.
  2. Dengan dua jari, periksalah payudara dengan  gerakan memutar  untuk mengenali bagian-bagian dari payudara Perhatikan ukuran, bentuk dan warna payudara.  Segera berkonsultasi bila ditemukan tampilan yang aneh seperti dimpling (kulit seperti tercubit), gambaran kulit jeruk, atau bulging skin (kulit seperti menggembung).
  3. Perhatikan juga apakah ada perubahan lokasi puting, gambaran puting yang tertarik ke dalam, atau perubahan seperti  warna merah, lecet, atau pembengkakan. Perhatikan juga apakah ada  cairan yang keluar dari puting.
  4. Angkat tangan, dan perhatikan apakah ada perubahan seperti yang disebutkan pada nomer 2-4.
  5. Dalam posisi terlentang, ulangi langkah-angkah tersebut kembali.

Berikut ini adalah video yang dapat membantu untuk memandu anda melakukan SADARI:


Comments

comments